URGENSI PENINGKATAN KUALITAS LITERASI KEISLAMAN MELALUI DIGITALISASI (Studi Pada Followers TikTok Da`i Muda Husain Basyaiban)

ARINI TIKA SABILA, 12305193091 (2023) URGENSI PENINGKATAN KUALITAS LITERASI KEISLAMAN MELALUI DIGITALISASI (Studi Pada Followers TikTok Da`i Muda Husain Basyaiban). [ Skripsi ]

[img] Text
URGENSI PENINGKATAN KUALITAS LITERASI KEISLAMAN MELALUI DIGITALISASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengulas mengenai bagaimana perkembangan literasi Islam di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi peningkatan kualitas literasi Islam melalui digitalisasi dengan studi pada followers TikTok Husain Basyaiban, selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui dampak konten dakwah pada akun TikTok @basyasman00 terhadap peningkatan kualitas literasi keislaman followersnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan etnografi virtual sebagai metode yang akan digunakan dalam penelitiannya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hypodermic needle theory milik Schramm. Teori ini sangat berkaitan dengan penelitian ini, hal tersebut dikarenakan media massa mempunya kekuatan untuk mempengaruhi khalayak secara mendalam. Pada hasil penelitian terlihat bahwa penggunaan digitalisasi sebagai media dakwah pada saat penyampaian pesan oleh Husain Basyaiban dapat meningkatkan pengetahuan keislaman bagi siapa saja yang menyimak maupun menonton serta memahami isi pesan dakwahnya. Kata Kunci: Internet, Informasi, Peningkatan, Literasi Keislaman, Digitalisasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Tika Sabila
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:44
Last Modified: 11 Jul 2023 01:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37395

Actions (login required)

View Item View Item