STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MEGALUH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Para Pedagang Pasar Megaluh jombang)

UFITROTUL ANDRIANI, 12405183010 (2023) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MEGALUH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Para Pedagang Pasar Megaluh jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai sektor ekonomi mengalami dampak negatif seperti penurunan penjualan dan penurunan produktifitas. Pasar tradisional Megaluh merupakan sumber utama ekonomi masyarakat daerah yang mengalami dampak negatif pandemi. Para penjual mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2021. Sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk memulihkan volume penjualan. Berdasarkan teori marketing mix, strategi yang bisa dilakukan adalah strategi 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Riset ini dilakukan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh pasar tradisional Megaluh dalam mengembalikan tingkat penjualannya. Metode yang digunakan adalah metode 2 deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, ditemukan bahwa pasar tradisional Megaluh berhasil meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi marketing mix seperti peningkatan kualitas produk, menyesuaikan harga dengan memberi promo, mendesain tampat menjadi lebih bersih dan nyaman, serta promosi lewat bantuan sesama pedagang dan juga media sosial. Adapula strategi aktif dan strategi pasif yang berhasil membuat pasar tradisional Megaluh mengembangkan penghasilan dan bangkit dari penurunan penjualan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Kata Kunci: strategi pemasaran, marketing mix, dan pandemic

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: UFITROTUL ANDRIANI
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:15
Last Modified: 11 Jul 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37448

Actions (login required)

View Item View Item