PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR PADA SISWA MAN 1 TULUNGAGUNG

VANISHA AMELIA RIANI, 12308193038 (2023) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR PADA SISWA MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR PADA SISWA MAN 1 TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perencanaan karir merupakan salah satu tugas perkembangan bagi remaja akhir, khususnya siswa sekolah menengah atas. Salah satu kemampuan penting dalam merencanakan karir adalah kemampuan dalam mengenali dan memahami diri sendiri atau dapat disebut sebagai konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konsep diri terhadap perencanaan karir siswa program SKS 2 tahun MAN 1 Tulungagung dengan subjek sebanyak 60 siswa. Subjek dipilih karena dengan masa belajar yang hanya 2 tahun mereka dituntut untuk merencanakan masa depannya dengan lebih cepat dibandingkan dengan siswa lainnya. Data dikumpulkan dengan dua instrumen penelitian yakni Skala Konsep Diri dan Skala Perencanaan Karir. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Penelitian ini memberikan hasil bahwa konsep diri memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap perencanaan karir dengan nilai R = 0.766, R Square = 0.587, serta p = 0.000 < 0.05. Hal ini bermakna pengaruh yang diberikan oleh konsep diri terhadap perencanaan karir sebesar 58.7%. Semakin tinggi konsep diri yang dimiliki maka semakin tinggi pula perencanaan karir siswa, dan semakin rendah konsep diri siswa maka semakin rendah perencanaan karirnya. Kata kunci: konsep diri, perencanaan karir, remaja akhir

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Psikologi > Psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193038 Vanisha Amelia Riani
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:33
Last Modified: 11 Jul 2023 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37461

Actions (login required)

View Item View Item