Sari, Wahyu Kurnia (2014) Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
Text
DEPAN.doc Download (120kB) |
|
Text
Lampiran.doc Download (18MB) |
|
Text
ISI.doc Download (20MB) |
Abstract
Kata kunci: Metode The Power of Two, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang masih rendah terutama pada kegiatan bercerita dan Membaca. Hal ini disebabkan karena ketidaksukaan siswa pada pelajaran membaca. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga siswa kurang berfikir kreatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran The Power of Two dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: (1). Bagaimana Penerapan Metode The Power Of Two Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca Cerita Dengan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Siswa Kelas V Madrasah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2013/2014? (2). Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca cerita Dengan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Penggunaan Metode The Power Of Two? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: (1). Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode The Power Of Two Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membac Dengan Ejaa Cerita Yang Disempurnakan Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2013/2014, (2). Untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca Cerita Dengan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Penggunaan Metode The Power Of Two. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Bahasa indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Indonesia, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode The Power of Two, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri. Dari Prestasi analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal Pre Test hingga siklus II yaitu, hasil belajar siswa pada saat Pre Test (56,8%), siklus I (60%), siklus II (84,9%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metote The Power of Two dapat meningkatkan Prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:46 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/375 |
Actions (login required)
View Item |