RAHMA AULIYA NANDA RIZKI, 12201193124 (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SLB C NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (679kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Down Syndrome di SLB C Negeri Tulungagung” ini ditulis oleh Rahma Auliya Nanda Rizki, NIM 12201193124, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Down Syndrome. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keyakinan peneliti bahwa saat ini anak tunagrahita masih belum mendapatkan pelayanan yang memadai dalam pendidikan seperti anak normal lainnya. Masih ada begitu banyak anak tunagrahita yang belum bersekolah atau bahkan sengaja untuk tidak disekolahkan oleh orang tua mereka karena satu dan lain hal. Beberapa orang tua dari anak tunagrahita merasa bingung dalam memilih dan menentukan sekolah mana yang tepat dengan metode pendidikan yang mampu mengajari serta mendidik anak-anak mereka dengan baik. Khususnya pendidikan berbasis agama yang tentunya sangat penting dan dibutuhkan bagi anak-anak mereka. Para orang tua mengharapkan anak-anak tunagrahita dapat diterima sepenuhnya di lingkungan sekolah serta mendapatkan pendidikan secara utuh dan layak. Keberadaan sekolah seperti SLB sedikit jumlahnya bahkan pelaksanaan pembelajaran yang ada masih kurang efektif dilakukan. Sebagai contoh belum meratanya pendidikan bagi anaktunagrahita di Tulungagung. Sudah selayaknya anak-anak tunagrahita mendapatkan pendidikan serta pelayanan yang sesuai dengan kekhususannya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana desain pembelajaran PAI pada anak Down syndrome di SLB C Negeri Tulungagung (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak Down syndrome di SLB C Negeri Tulungagung(3) Bagaimana hasil pembelajaran PAI pada anak Down syndrome di SLB C Negeri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan serta, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Down syndrome yang dimodifikasi seperti alokasi waktu pelajaran, materi pembelajaran, dan proses belajar mengajar; (2) Pelaksanaan pembelajaran agama Islam pada anak Down syndrome yang penyampaian materi pembelajaran tidak hanya dilakukan di ruang kelas melainkan juga di musholla sekolah dengan menggunakan metode pendekatan, demonstrasi, praktik, bermain, bernyanyi dan metode ceramah sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik mengajar individual; (3) Hasil pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB C Negeri Tulungagung menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap sopan santun yang baik, antusias yang tinggi dalam belajar pendidikan agama Islam serta memiliki sikap solidaritas yang tinggi dengan sesama temannya. Anak-anak juga sudah baik dalam pelafalan dan meniru pelafalan al Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rahma 12201193124 Rahma Auliya Nanda Rizki |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 04:08 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37515 |
Actions (login required)
View Item |