UPAYA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 5 BLITAR

RIZKA NABILLAH NUR HIDAYATI, 12210193059 (2023) UPAYA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Hidayati, Rizka Nabillah Nur. 2023. Upaya Guru Bahasa Indonesia dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di MTsN 5 Blitar. Skripsi: Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Upaya, Guru Bahasa Indonesia, Menanamkan Pendidikan Karakter Penurunan moral yang terjadi pada generasi penerus bangsa kian menjadi-jadi. Oleh karenanya perlu dilakukan adanya pendidikan karakter bagi peserta didik. Pendidikan karakter dapat dilakukan oleh siapa saja, salah satunya adalah guru Bahasa Indonesia. Guru Bahasa Indonesia mempunyai tugas dalam membentuk karakter peserta didik karena pada dasarnya guru Bahasa Indonesia memiliki peran dalam perkembangan komunikasi peserta didik. Dengan demikian, perlu diadakan upaya-upaya dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik yang dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya guru Bahasa Indonesia dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik di MTsN 5 Blitar, (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik di MTsN 5 Blitar, (3) mendeskripsikan alternatif solusi dari kendala yang dihadapi oleh guru Bahasa Indonesia dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik di MTsN 5 Blitar. Upaya yang dimaksud dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sehingga peneliti menjadi instrumen utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tiga guru Bahasa Indonesia yang mengajar di MTsN 5 Blitar. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Bahasa Indonesia dalam menanamkan pendidikan pada peserta didik di MTsN 5 Blitar dilakukan dengan empat cara yaitu melalui (1) kegiatan pembelajaran yang meliputi membiasakan untuk bersikap jujur, memberikan tugas yang dapat memunculkan kreativitas peserta didik, memberikan tugas secara mandiri, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap demokratis pada peserta didik, dan guru memberikan stimulus berupa pertanyaan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu pada peserta didik. (2) kegiatan keteladanan yang meliputi memberikan teladan untuk bersikap menghargai atau bertoleransi kepada sesama, membiasakan untuk selalu disiplin, menumbuhkan sikap kepedulian sosial yang tinggi kepada pesrta didik, dan membiasakan peserta didik untuk bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. (3) kegiatan penguatan yang meliputi guru memberikan arahan dan kebebasan untuk mengembangkan skill yang dimiliki, ikut serta dalam memperingati hari besar nasional, mengontrol penggunaan bahasa yang digunakan guru dan peserta didik, guru selalu memberikan apresiasi kepada peserta didik atas pencapaian yang dilakukan sebagai bentuk menghargai prestasi peserta didik, dan guru memberikan kasih sayang kepada peserta didik sehingga menumbuhkan sikap cinta damai. (4) kegiatan pembiasaan yang meliputi pembiasaan rutinitas keagamaan, guru membiasakan peserta didik untuk bersahabat atau komunikatif kepada sesama, membiasakan peserta didik untuk gemar membaca, guru membiasakan peserta didik untuk peduli dengan lingkungan baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, dan membiasakan peserta didik agar mempunyai sikap sopan santun. Kendala yang dihadapi adalah (1) perbedaan pola didik orang tua dan pihak sekolah, (2) peserta didik yang tidak terbuka kepada guru atau menjadi peserta didik yang tertutup, (3) pemilihan teman yang kurang tepat, (4) motivasi belajar yang rendah, (5) keterbatasan waktu dalam melakukan pendidikan karakter. Dan alternatif solusi yang digunakan guru Bahasa Indonesia MTsN 5 Blitar adalah adalah (1) guru melakukan upaya untuk bersinergi dengan seluruh pihak madrasah maupun pihak keluarga terkait permasalahan yang dihadapi peserta didik, (2) melakukan penguatan budaya sekolah yang menjunjung tinggi nilai pendidikan karakter, (3) guru selalu memberikan pesan moral setiap dilakukannya kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Skripsi 12210193059 Rizka Nabillah Nur Hidayati
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:46
Last Modified: 12 Jul 2023 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37535

Actions (login required)

View Item View Item