PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 BOYOLANGU

DANNING WULAN SARI, 12208193070 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Boyolangu”, ditulis oleh Danning Wulan Sari, NIM. 12208193070, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint interaktif, Materi Sistem Saraf, Kelayakan, Keefektifan, Hasil Belajar. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif materi sistem saraf dilatar belakangi karena materi sistem saraf tergolong materi yang sulit. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang rendah sebesar 47%, sehingga belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada materi tersebut. Selain itu hasil angket kebutuhan yang telah disebar kepada 30 peserta didik diketahui 93,3% menjawab kesulitan dalam mempelajari materi sistem saraf. Sehingga kesulitan tersebut dapat menyebabkan hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut juga dipengaruhi oleh media pembelajaran yang terbatas dan masih konvensional. Media pembelajaran yang digunakan sekolah hanya buku paket dengan gambar yang terbatas. Sehingga siswa menginginkan media pembelajaran lain yang memuat penjelasan lengkap, disertai gambar dan mengandung video. Di akhir angket kebutuhan, diberikan penawaran media pembelajaran yang ingin dikembangkan. Hasilnya 58,1% siswa memilih pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem saraf siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Boyolangu. (2) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran powerpoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem saraf siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Boyolangu. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian research and development. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap implementasi dilakukan pengujian peningkatan hasil belajar menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis statistik berupa uji t-test. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi, serta tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Media powerpoint interaktif materi sistem saraf kelas XI dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan aplikasi Microsoft Powerpoint 2021 yang memuat beberapa komponen powerpoint interaktif. Selain itu, media powerpoint interaktif telah divalidasi oleh dosen ahli serta guru biologi dan diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli media sebesar 75% dengan kriteria cukup valid dan diperlukan revisi kecil. Validasi guru biologi kelas XI diperoleh presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid revisi, tetapi terdapat komentar atau saran dari guru biologi sehingga tetap dilakukan revisi pada media pembelajaran powerpoint interaktif. Hasil uji tanggapan siswa diperoleh presentase sebesar 86,85% dengan kriteria sangat baik. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t yang didapatkan harga angka sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05. Sehingga produk pengembangan powerpoint interaktif efektif digunakan sebagai media belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193070 Danning Wulan Sari
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:52
Last Modified: 18 Jul 2023 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37561

Actions (login required)

View Item View Item