DINAMIKA SPIRITUAL NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR

ROSYIDATUL UMMAH, 12303193007 (2023) DINAMIKA SPIRITUAL NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR. [ Skripsi ]

[img] Text
DINAMIKA SPIRITUAL NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Spiritual merupakan cara individu memahami keberadaan maupun pengalaman yang terjadi, juga cara memahami sesuatu yang bersifat transenden. Penelitian ini dilakukan pada narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman awal mengenai perkembangan spiritual pada narapidana anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis (IPA). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data yang diperoleh dari hasil wawancara disusun menjadi transkrip, dari transkrip wawancara dibuat initial noting kemudian tema emergen serta tema superordinat. Penentuan subjek menggunakan metode purposive sampling, yang dalam hal ini 3 narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Hasil temuan dari penelitian adalah adanya proses spiritual dalam kehidupan narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, terdapat beberapa aspek spiritual yang terlihat, yakni 1) taubat, 2) kesadaran, 3) penyesalan, 4) beribadah, 5) ketenangan, 6) rida Allah SWT, 7) hukuman sebagai bentuk cinta dan kasih Allah SWT, 8) tanggung jawab, dan 9) menjadi lebih baik. Kata kunci: dinamika spiritual; narapidana anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Akhirat
Agama > Dosa
Agama > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 12303193007 ROSYIDATUL UMMAH
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:19
Last Modified: 23 Jul 2023 10:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37567

Actions (login required)

View Item View Item