PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FLUID PYTHAGORAS (FLUPY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON BLITAR

DAVID ALIF RAMADHAN, 12204193083 (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FLUID PYTHAGORAS (FLUPY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Alat Peraga Fluid Pythagoras (Flupy) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Sanankulon Blitar” telah ditulis oleh David Alif Ramadhan, NIM. 12204193083, dan dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata kunci : Alat Peraga Flupy, Minat Belajar, Pemahaman Konsep,Teorema Pythagoras Proses pembelajaran teorema Pythagoras di SMPN 1 Sanankulon masih dilakukan secara konvensional dan tanpa alat peraga. Sedangkan dengan hadirnya alat peraga, dapat membantu siswa yang kemampuan berpikir abstraknya masih rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa alat peraga yang berfungsi merepresentasikan teorema Pythagoras dan diberi nama Fluid Pythagoras (Flupy). Pemberian nama fluid dikarenakan bahan utama dari alat peraga tersebut adalah air. Melalui alat peraga yang praktis dan menarik, proses pembelajaran akan lebih menyenangkan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan alat peraga flupy pada materi teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon. 2) Untuk kevalidan dan efektivitas alat peraga flupy dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras. 3) Untuk kepraktisan alat peraga flupy dalam proses pembelajaran materi teorema Pythagoras. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase kevalidan, keefektifan, kepraktisan, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan alat peraga flupy dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras. 2) Alat peraga flupy memiliki tingkat persentase kevalidan 100% dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada efektivitas alat peraga flupy mendapatkan kategori “Efektif” dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep dengan masing-masing tingkat persentase efektivitas 62,5% dan 66%. Nilai signifikansi yang didapatkan pada uji-t yaitu 0,00 < 0,05 maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: David Alif 12204193083 David Alif Ramadhan
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:14
Last Modified: 05 Jun 2024 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37677

Actions (login required)

View Item View Item