DAVID ALIF RAMADHAN, 12204193083 (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FLUID PYTHAGORAS (FLUPY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Alat Peraga Fluid Pythagoras (Flupy) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Sanankulon Blitar” telah ditulis oleh David Alif Ramadhan, NIM. 12204193083, dan dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata kunci : Alat Peraga Flupy, Minat Belajar, Pemahaman Konsep,Teorema Pythagoras Proses pembelajaran teorema Pythagoras di SMPN 1 Sanankulon masih dilakukan secara konvensional dan tanpa alat peraga. Sedangkan dengan hadirnya alat peraga, dapat membantu siswa yang kemampuan berpikir abstraknya masih rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa alat peraga yang berfungsi merepresentasikan teorema Pythagoras dan diberi nama Fluid Pythagoras (Flupy). Pemberian nama fluid dikarenakan bahan utama dari alat peraga tersebut adalah air. Melalui alat peraga yang praktis dan menarik, proses pembelajaran akan lebih menyenangkan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan alat peraga flupy pada materi teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon. 2) Untuk kevalidan dan efektivitas alat peraga flupy dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras. 3) Untuk kepraktisan alat peraga flupy dalam proses pembelajaran materi teorema Pythagoras. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase kevalidan, keefektifan, kepraktisan, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan alat peraga flupy dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras. 2) Alat peraga flupy memiliki tingkat persentase kevalidan 100% dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada efektivitas alat peraga flupy mendapatkan kategori “Efektif” dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep dengan masing-masing tingkat persentase efektivitas 62,5% dan 66%. Nilai signifikansi yang didapatkan pada uji-t yaitu 0,00 < 0,05 maka
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | David Alif 12204193083 David Alif Ramadhan |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:14 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37677 |
Actions (login required)
View Item |