KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI PADA MATERI MATRIKS DITINJAU DARI SEGI GAYA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

BIMA YURIZA PUTRA, 12204193161 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI PADA MATERI MATRIKS DITINJAU DARI SEGI GAYA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas XI Pada Materi Matriks ditinjau dari Segi Gaya Belajar di SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Bima Yuriza Putra, NIM. 12204193161, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Penalaran Matematis, Matriks, Gaya Belajar Pada proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Srengat yang selama ini terjadi, ketika guru mengajar menggunakan pembelajaran yang mana siswa mengikuti apa yang diajarkan oleh guru tersebut yang berakibat kemampuan penalaran siswa terkait materi cukup rendah. Dikarenakan bahwa basis dari pembelajaran matematika di kelas hanya berupa hafalan saja, belum sampai pada penalaran sebagai pemahamannya. Maka dari itu pembelajaran yang diajarkan oleh guru membuat siswa bosan sehingga berpengaruh pada kemampuan penalaran yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Srengat yang peneliti ketahui, terdapat hasil belajar siswa yang baik ada juga yang kurang baik. Hal yang dapat mempengaruhi penalaran pada pola dan sifat salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan sebuah cara pembelajaran unik yang dimiliki setiap individu dalam proses pembelajaran. Gaya belajar sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni visual, auditori, kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual kelas XI pada materi matriks. 2) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial kelas XI pada materi matriks. 3) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik kelas XI pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Srengat yang berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi indikator penalaran matematis sense-making, conjecturing, convincing, reflecting, dan generalising. 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial memenuhi indikator penalaran matematis sense-making, convincing, reflecting, dan generalising, belum memenuhi indikator conjecturing. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi indikator penalaran matematis sense-making, convincing, reflecting, dan generalising, belum memenuhi indikator conjecturing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:53
Last Modified: 24 Jul 2023 04:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37695

Actions (login required)

View Item View Item