NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SHALAT BERJAMAAH DI KECAMATAN SUMBERGEMPOL (Studi Multi Situs di Masjid Besar Al Husna Sumbergempol dan Masjid Baitul Karim Doroampel)

ZULFAHMI AL HABIB ZUBAIDI, 128506203034 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SHALAT BERJAMAAH DI KECAMATAN SUMBERGEMPOL (Studi Multi Situs di Masjid Besar Al Husna Sumbergempol dan Masjid Baitul Karim Doroampel). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Shalat Berjamaah di Kecamatan Sumbergempol (Studi Multi Situs di Masjid Besar Al Husna Sumbergempol dan Masjid Baitul Karim Doroampel)”, ini ditulis oleh Zulfahmi Al Habib Zubaidi dengan Pembimbing oleh Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag, dan Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Shalat Berjamaah Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena mengakhirkan waktu shalat berjamaah dengan alasan masih memiliki kesibukan sehingga tidak bisa datang untuk shalat berjamaah diawal waktu. Akan tetapi dilain sisi, sering kita jumpai juga masjid meskipun sudah mengakhirkan waktu shalat, jamaah yang hadir tetap saja sedikit. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana nilai kedisiplinan dalam shalat berjamaah di kecamatan Sumbergempol?, 2) Bagaimana nilai solidaritas dalam shalat berjamaah di kecamatan Sumbergempol?, 3) Bagaimana nilai ketenangan jiwa dalam shalat berjamaah di kecamatan Sumbergempol?. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Merumuskan nilai kedisiplinan dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol 2) Merumuskan nilai solidaritas dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol 3) Merumuskan nilai ketenangan jiwa dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check), pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Nilai kedisiplinan dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol terdapat pada pemilihan waktu shalat yang konsisten yaitu diawal waktu, pembentukan petugas shalat berjamaah yang terstruktur, penerapan protokol kesehatan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para jamaah yang shalat. 2) Nilai solidaritas dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol terdapat pada rasa setara diantara sesama terlihat dari lurusnya barisan dalam shalat tanpa membedakan latar belakang jamaah, keakraban dan kebersamaan terlihat dari interaksi setelah shalat berjamaah seperti salaman, jamaah diperuntukkan umum, tidak hanya untuk golongan tertentu. 3) Nilai solidaritas dalam shalat berjama’ah di kecamatan Sumbergempol terdapat pada pengetahuan akan pahala serta pembiasaan shalat berjamaah sedari kecil, konsistensi shalat berjamaah memicu seseorang untuk terus berperilaku sabar, konsistensi shalat berjamaah memicu seseorang yakin bahwa rezeki itu datangnya dari Allah, dengan memperbaiki shalat berjamaah memicu seseorang untuk selalu optimis dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 128506203034 ZULFAHMI AL HABIB ZUBAIDI
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:41
Last Modified: 25 Jul 2023 09:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37799

Actions (login required)

View Item View Item