KHILMA FADIA RAFIDA, 12205183068 (2023) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV MI NGADIREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Khilma Fadia Rafida, NIM. 12205183068, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka Kurikulum merdeka hadir guna mengatasi ketertinggalan pembelajaran setelah covid-19 dimana guru memutar otak untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan berbagai strategi yang dimiliki. Dikarenakan pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan suatu hal yang baru, maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas IV MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek?. Dalam penelitian ini berdasarkan data dari lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan strategi guru yakni mengikuti pelatihan, bimbingan teknis, seminar, dan rapat percepatan, mempersiapkan strategi yang efektif, inovatif, dan kreatif serta mempelajari platform merdeka mengajar, (2) Pelaksanaan strategi guru yakni menerapkan modul, media dan bahan ajar yang dikembangkan, memiliki karakteristik baik dan mampu mengelola kelas, serta siswa lebih aktif, kreatif, mandiri, dan banyak perubahan dalam berkolaborasi dan berimajinasi terutama dalam kegiatan proyek profil penguatan pelajar pancasila, (3) Evaluasi strategi guru terdapat faktor pendukung yakni guru mengikuti kegiatan pelatihan, mental dan kemampuan guru, sarana dan prasarana yang cukup, ada siswa dengan semangat belajar tinggi, kepala sekolah mengawasi jalannya strategi guru, dan faktor penghambat yakni ada siswa yang kurang semangat dalam belajar solusinya memperhatikan kebutuhan siswa,kurangnya buku-buku penunjang, solusinya membicarakan pada kepala sekolah agar segera ditindak lanjuti serta guru terkadang meninggalkan tugas solusinya meminta guru lain yang tidak sedang mengajar untuk menunggu siswa dikelas dan pada lain hari guru mengulang kembali pembelajaran tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183068 KHILMA FADIA RAFIDA |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37847 |
Actions (login required)
View Item |