DISPARITAS PUTUSAN HAKIM PADA DUA PERKARA PEMBATALAN PERKAWINAN AKIBAT HOMOSEKSUAL DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA (Studi Putusan Nomor: 176/Pdt.G/2019/PA.Yk dan Putusan Nomor: 245/Pdt.G/2022/PA.Yk)

ALIVIA DAMAYANTI, 12102193205 (2023) DISPARITAS PUTUSAN HAKIM PADA DUA PERKARA PEMBATALAN PERKAWINAN AKIBAT HOMOSEKSUAL DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA (Studi Putusan Nomor: 176/Pdt.G/2019/PA.Yk dan Putusan Nomor: 245/Pdt.G/2022/PA.Yk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Alivia Damayanti, 12102193205, Disparitas Putusan Hakim Pada Dua perkara Pembatalan Perkawinan Akibat Homoseksual Di Pengadilan Agama Yogyakarta (Studi Putusan Nomor: 176/Pdt.G/2019/PA.Yk dan Putusan Nomor: 245/Pdt.G/2022/PA.Yk), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I. Kata kunci: Disparitas, Pembatalan Perkawinan, Homoseksual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan dua putusan pembatalan perkawinan akibat homoseksual di Pengadilan Agama Yogayakarta. Dengan perbedaan putusan ini maka timbul permasalahan baru mengingat adanya kesamaan perkara dan dasar hukum selain itu kedua perkara ini diputus dalam area hukum yang sama pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana disparitas putusan hakim pada dua perkara pembatalan perkawinan akibat homoseksual di Pengadilan Agama Yogyakarta?. (2) Bagaimana pertimbangan hukum hakim pada dua perkara pembatalan perkawinan akibat homoseksual di Pengadilan Agama Yogyakarta ditinjau dari Undang-Undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan disparitas putusan hakim pada dua perkara pembatalan perkawinan akibat homoseksual di Pengadilan Agama Yogyakarta. (2) Mendeskripsikan pertimbangan hukum hakim pada dua perkara pembatalan perkawinan akibat homseksual di Pengadilan Agama Yogyakarta ditinjau dari Undang-Undang Perkawinan dan Kompilaasi Hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan content analysis (analisis isi/konten) dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Disparitas putusan hakim Pengadilan Agama Yogyakarta pada putusan perkara No. 176/Pdt.G/2019/PA.Yk dan putusan perkara No. 245/Pdt.G/2022/PA.Yk terletak pada aspek yuridis. Pada putusan yang dikabulkan, hakim menganggap bukti yang diajukan kuat dan sempurna sehingga telah sesuai dengan yang ditentukan undang-undang, sebaliknya pada putusan yang ditolak, terjadi kekaburan atau kecacatan alat bukti sedangkan tidak ada bukti lain yang mendukung. (2) Pertimbangan hukum hakim pada dua perkara pembatalan perkawinan akibat homoseksual di Pengadilan Agama Yogyakarta telah tepat dan sesuai berdasarkan Undang-Undang No.1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam, dimana majelis hakim dalam memutus perkara ini mempertimbangkan dan memperhatikan fakta hukum dipersidangan yaitu berdasarkan alat bukti tertulis dan keterangan para saksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Hukum > Putusan
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193205 ALIVIA DAMAYANTI
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:21
Last Modified: 25 Jul 2023 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37919

Actions (login required)

View Item View Item