PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF GURU SDI MODERN NU PLEMAHAN

RETA MEYSATUL QORIFAH, 12308193075 (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF GURU SDI MODERN NU PLEMAHAN. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF GURU SDI MODERN NU PLEMAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Guru merupakan pemegang peranan terpenting dalam penentu kualitas pendidikan suatu sekolah. Dalam sekolah dasar islam guru memiliki kewajiban untuk menyalurkan ilmu pengetahuan umum beserta ilmu agama dalam waktu yang bersamaan. Tentunya dalam menyalurkan ilmu kepada siswa seorang guru memerlukan adanya kesejahteraan subjektif. Kesejahteraan subjektif yang tinggi diperlukan guru agar dapat bekerja professional dan kompeten. Dalam realitanya guru berada dalam kondisi kesejahteraan subjektif yang rendah. Kesejahteraan subjektif bisa dipenuhi oleh berbagai faktor, termasuk dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif guru SDI Modern NU Plemahan. Pada penelitian ini sample yang digunakan ialah 30 subjek yang terdiri dari jumlah populasi guru SDI Modern NU Plemahan. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala x dan y, analisis data menggunakan regresi non linear exponential. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif sebesar 79,1% dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan persamaan Y= 22,193 . 0,008x. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima berupa adanya pengaruh dukungan sosial pada kesejahteraan subjektif guru SDI Modern NU Plemahan. Kata kunci: Guru, dukungan sosial, kesejahteraan subjektif

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193075 Reta Meysatul Qorifah
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:22
Last Modified: 28 Jul 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37962

Actions (login required)

View Item View Item