PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG

MOHAMMAD HAIKAL HABIB, 12204173267 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMAN 1 Tulungagung” ditulis oleh Mohammad Haikal Habib, NIM 12204173267, Pembimbing Dr.Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Modul Pembelajaran, Geogebra, Transformasi Geometri. Banyak upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatan kualitas dan hasil pembelajaran siswa, salah satunya yaitu melalui penggunaan bahan ajar modul dan media pembelajaran interaktif. Untuk itu peneliti berinovasi untuk membuat media pembelajaran berupa modul yang berbantuan aplikasi Geogebra. Geogebra adalah software yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar matematika di sekolah, program ini memungkinkan siswa untuk membuat visualisasi sederhana dari konsep geometri, sehingga peneliti ingin membuat modul pembelajaran yang akan berfokus pada materi transformasi geometri dengan menggunakan media pembelajaran Geogebra sehingga dapat memudahkan proses belajar mengajar matematika dan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menarik dan tidak monoton. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengerjaan modul pembelajaran interaktif menggunakan Geogebra pada materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan modul pembelajaran interaktif menggunakan Geogebra pada materi transformasi geometri kelas XI SMAN 1 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 6 tahap, yaitu (1) Tahap Studi Pendahuluan. (2) Tahap Perencanaan. (3) Tahap Pengembangan Rancangan Produk. (4) Tahap Validasi Desain. (5) Tahap Revisi Produk. (6) Tahap Uji Coba Utama. Proses penelitian dilakukan di SMAN 1 Tulungagung dengan subjek penelitian 12 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan lembar tes penelitian siswa. Para ahli memberikan penilaian pada kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan siswa memberi respon tentang kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Yang terdiri dari 2 Bagian, yakni Pengenalan Geogebra, dan Transformasi Geometri. (2) Produk yang dihasilkan mendapatkan rata-rata penilaian dari segi materi sebesar 4,00 dengan presentasi 80% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Sedangkan penilaian dari segi media mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,02 dengan presentasi 80,4% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 91,6% yang berarti mempunyai respon positif, berarti produk sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:46
Last Modified: 07 Aug 2023 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37964

Actions (login required)

View Item View Item