PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS VII MTsN 2 BLITAR

RETNO WULANDARI, 12209193051 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS VII MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

xv ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII MtsN 2 Blitar” Skripsi ini di tulis oleh Retno Wulandari, NIM 12209193051, dosen pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran, snowball throwing, hasil belajar, dan Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh proses belajar mengajar siswa yang cenderung pasif. Kondisi belajar yang kurang kondusif seperti halnya siswa ribut, melamun, siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal itu menyebabkan hanya beberapa siswa yang dapat nilai di atas KKM. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Rumusan masalah dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana langkah langkah model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS (3) Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan model pembelajaran umtuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS? Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana langkah langkah model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS (3) Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk dianalisis secara induktif. Setelah peneliti melakukan penelitian memperoleh hasil sebagai berikut (1) Langkah model pembelajaran Snowball Throwing yang peneliti terapkan dalam pembelajaran IPS dikelas VII MTsN 2 Blitar yaitu guru menyampaikan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran, guru membentuk beberapa kelompok dan memanggil ketua kelompok untuk memberi penjelasan ulang materi, ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing dan menjelaskan materi yang disampaikan guru ke anggota kelompok, siswa menyiapkan satu lembar kertas yang berisikan satu pertanyaan, kertas tersebut dibentuk seperti bola dan semua siswa membentuk lingkaran, kertas tersebut dilempar dari satu siswa ke siswa lain secara bergantian, setelah masing-masing siswa mendapat satu bola atau satu pertanyaan maka siswa tersebut dipersilahkan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian, guru memberikan kesimpulan atas pembelajaran tersebut, guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi atas pembelajaran tersebut, penutup (2) Proses penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dikelas VII MTsN 2 Blitar dimulai dari kegiatan pendahuluan yaitu guru mengucapkan salam dan menjelaskan proses pembelajaran menggunakan model snowball throwing lalu dilanjut dengan kegiatan dimana guru menerapkan langkah- langkah pembelajaran menggunakan model snowball throwing setelah itu dilanjut dengan kegiatan penutup dimana aktivitas guru ialah mengulas kembali keseluruhan materi bersama dengan siswa (3) Kelebihan dari model ini adalah menumbuhkan imajinasi dan kreativitas belajar siswa , melatih kemandirian siswa, terbentuknya jiwa kepemimpinan siswa. Sedangkan kelemahannya adalah siswa sulit menerima penjelasan dari perwakilan keslompokknya, perwakilan kelompok yang tidak mampu menjelaskan dengan baik, adanya siswa yang kurang tepat dalam membuat soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:08
Last Modified: 31 Jul 2023 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37970

Actions (login required)

View Item View Item