BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI DESA PERSPEKTIF SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN MAQASHID ASY-SYARIAH (Studi Pada Kampung Sumber Mulya, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke)

SITI ARIVAH, 12850221011 (2023) BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI DESA PERSPEKTIF SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN MAQASHID ASY-SYARIAH (Studi Pada Kampung Sumber Mulya, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DALAM RANGKA PERTUMBUHAN EKONOMI DESA PERSPEKTIF SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN MAQASHID ASY-SYARIAH” ditulis oleh Siti Arivah dengan pembimbing Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag, dan Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kata Kunci: Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Dana Desa, Sustainable Development Goals, dan Maqashid Asy-Syariah. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau biasa disebut BLT-DD. Pelaksanaan bantuan sosial ini yang mana dengan memanfaatkan Dana Desa sebagai sumber dana utamanya. Dengan tersalurkan bantuan sosial ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan dalam pemulihan ekonomi pada suatu desa yang diakhibatkan adanya wabah covid-19 dan tentunya agar terlaksananya 18 tujuan dari pembangunan berkelanjutan di Desa atau Sustainable Developmnet Goals Desa (SDGs Desa) dan terwujudnya prinsip Maqashid Asy-Syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana penelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang dilakukan oleh pemerintah Kampung Sumber Mulya Distrik Kurik Kabupaten Merauke? (2) Bagaimana pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa menurut 18 tujuan Sustainable Development Goal Desa dan prinsip Maqashid Asy-Syariah yang dilakukan oleh pemerintah Kampung Sumber Mulya Distrik Kurik?. Peneliti dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, proses pengelolaan BLT-DD dengan melihat beberapa tahapan yaitu pendataan, penyaluran, dan besaran dana yang diterima setiap kepala keluarga, dengan tentunya berpedoman pada Permendes PDTT No 8 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Dana Desa. Kedua, adanya pelaksanaan BLT-DD diharapkan dapat mewujudkan 18 tujuan SDGs Desa dan terwujudnya Maqashid Asy-Syariah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12850121065 Desy Islamiati
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:27
Last Modified: 16 Aug 2023 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37976

Actions (login required)

View Item View Item