STRATEGI PEMASARANDITINJAU DARI UU NO 5 TAHUN 1999 TENTANG MONOPOLI PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Persaingan Usaha Keset di Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol Tulungagung)

NENENG SAFITRI, 12101193154 (2023) STRATEGI PEMASARANDITINJAU DARI UU NO 5 TAHUN 1999 TENTANG MONOPOLI PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Persaingan Usaha Keset di Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Neneng Safitri, 12101193154, Strategi Pemasaran Ditinjau Dari UU No 5 Tahun 1999 Tentang Monopoli Persaingan Usaha dan Hukum Islam (Studi Kasus Persaingan Usaha Keset di Desa Jabalsari, Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd., M.E.I. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Hukum Positif, Hukum Islam. Tujuan strategi digunakan untuk menghadapi serangan pesaing yang ada dan yang akan datang. Seperti di Desa Jabalsari dengan banyaknya pengusaha keset yang ada di Desa Jabalsari mampu menimbulkan persaingan antar pelaku usaha lainnya. Dimana cara dan strategi untuk menghadapinya yaitu melalui strategi pemasaran yang berbeda-beda yang bertujuan untuk mempertahankan eksistensi usahanya, baik dari segi kualitas tampilan maupun harga. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran persaingan usaha keset di Desa Jabalsari?, 2) Bagaimana tinjauan hukum positif dalam strategi pemasaran persaingan usaha keset di Desa Jabalsari? ?, 3) Bagaimana tinjauan Hukum Islam dalam strategi pemasaran terhadap persaingan usaha keset di Desa Jabalsari?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan persaingan yang dilakukan oleh pelaku usaha keset di desa Jabalsari. 2) Menganalisis tinjauan hukum Islam dalam strategi pemasaran persaingan usaha keset di desa Jabalsari. 3) Menganalisis kajian hukum positif dalam strategi pemasaran persaingan usaha keset di desa Jabalsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha keset di Desa Jabalsari menggunakan beberapa cara pemasaran yang berbeda antara lain pemasaran langsung, pemasaran melalui media sosial, memperbanyak reseller dan pemasaran dengan harga produk. 2) strategi penurunan harga yang dilakukan oleh salah satu pelaku usaha keset di Desa Jabalsari tidak terlalu jauh dibandingkan dengan kedua pelaku usaha lainnya, pelaku usaha keset di Desa Jabalsari dalam menjalankan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan hukum positif . 3) Dari segi hukum Islam, strategi pemasaran yang dilakukan pelaku usaha keset di Desa Jabalsari dalam menghadapi persaingan usaha merupakan strategi pemasaran yang diperbolehkan dalam Islam karena masih tergolong al munafasah at tijariyyah al masyru’ah (usaha persaingan yang sesuai dengan syariat), yaitu persaingan antar pelaku usaha yang wajar, sehat dan tidak melanggar batas-batas aturan Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193154 NENENG SAFITRI
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:48
Last Modified: 01 Aug 2023 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item View Item