PEMANFAATAN LAHAN PERHUTANI UNTUK PENDIRIAN KAFE DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kafe 7 Bintang Kabupaten Tulungagung)

Nadya Herliana Putri, 12103193075 (2023) PEMANFAATAN LAHAN PERHUTANI UNTUK PENDIRIAN KAFE DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus di Kafe 7 Bintang Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: fiqih siyasah, hukum positif, kafe, pemanfaatan lahan Perhutani Penelitian ini dilatarbelakangi pemanfaatan lahan perhutani di Perum Perhutani BKPH Campurdarat untuk pendirian kafe. Pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe menjadi isu yang menarik untuk dikaji menggunakan perspektif hukum positif dan fiqih siyasah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif hukum positif? 3) Bagaimana pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif fiqih siyasah? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung. 2) Menganalisis pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif hukum positif. 3) Menganalisis pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung dalam perspektif fiqih siyasah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan menggunakan sistem bagi hasil antara investor dengan pihak perhutani yang besaran nominalnya ditentukan oleh pihak LMDH. Praktik pemanfaatan lahan perhutani dilakukan setelah adanya izin dari pihak KPH Blitar yang sebelumnya diajukan oleh pihak LMDH yang kemudian dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Kerjasama. Namun, pihak kafe tidak memperhatikan kelestarian hutan, sehingga lahan yang dimanfaatkan terlihat gersang. 2) Pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe di Kabupaten Tulungagung berdasarkan hukum positif bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kehutanan pasal 91 dan UU Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan pasal 32. 3) Dalam perspektif fiqih siyasah, pemanfaatan lahan perhutani untuk pendirian kafe sejalan dengan konsep ihya’ul mawat, untuk memproduktifkan lahan agar membantu perekonomian masyarakat asalkan tidak menimbulkan kemudharatan (kerugian/bahaya). Pendirian kafe dapat membantu perekonomian masyarakat karena semua karyawan kafe berasal dari masyarakat setempat. Namun, pendirian kafe menimbulkan kemudharatan karena pihak pengelola tidak memelihara kelestarian alam sehingga dapat menimbulkan terjadinya bencana alam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Kontrak
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: S1 12103193075 NADYA HERLIANA PUTRI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:18
Last Modified: 07 Aug 2023 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38023

Actions (login required)

View Item View Item