IMPLEMENTASI SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MAN 4 JOMBANG

AINUR RIZQIAH FIRDAUSI, 12201193341 (2023) IMPLEMENTASI SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Skripsi. “Implementasi Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MAN 4 Jombang” ini di tulis oleh Ainur Rizqiah Firdausi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan NIM : 12201193341 Tahun 2022 dibimbing oleh bapak Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata kunci : Implementasi, Shalat dhuha, Kecerdasan spiritual Perkembangan zaman sekarang ini, di era milenial kemajuan informasi dan juga pengetahuan sudah tidak bisa di filter lagi, Pendidikan di era sekarang ini sudah sedikit banyak berbeda dengan apa yang terjadi diwaktu dahulu, kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi sangatlah dimanfaatkan guna menunjang kebutuhan dan juga ke ilmuan peserta didik sekarang ini, maka dari itu peserta didik harus mempunyai pondasi yang kuat dalam mengantisipasi era sekarang ini. Namun, semakin luas perkembangan informasi dan juga komunikasi di internet semakin luas pula dampak yang dapat mempengaruhi pola pikir peserta didik dan juga pola kegiatan peserta didik seperti banyaknya tontonan melalui sosial media yang tidak ada lagi melihat batasan usia dan juga konteks yang ada seringkali bertentangan dengan nilai-nilai beragama dan budaya yang mengakibatkan etika dan juga tata krama anak dalam kehidupan sehari- hari. Tidak hanya itu saja penyimpangan juga dapat terjadi pada norma kehidupaan baik norma agama maupun norma sosial., maka perlu adanya pondasi bagi peserta didik sehingga melalui program sholat dhuha, guru menanamkan akhlak yang baik dan meningkatkan kecerdasan spiritual guna menjadi pondasi yang kuat untuk peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) bagaimana perencanaan kegiatan sholat dhuha meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang, (2) bagaimana pelaksanaan kegiatan sholat dhuha meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. (3) bagaimana evaluasi kegiatan sholat dhuha meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskripsi. Objek yang diteliti adalah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang, agar nantinya memperoleh data yang sesuai, maka peneliti sebagai instrumen penelitian dalam mengetahui dan mencari data dilapangan, Teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian dilapangan menunjukkan bahwa : (1) perencanaan kegiatan sholat dhuha di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang dalam hal ini berkaitan dengan sarana prasarana di antara nya sudah tersedia mushollah dan juga terdapat peralatan lainnya yang ada di dalam sehingga dapat membantu berjalalnnya kegiatan shalat dhuha secara berjamaah. Adanya tempat wudhu yang cukup, serta adanya kerjasama yang baik antara tenaga Pendidikan (guru) dengan siswa yang membantu berjalannya proses implementasi shalat dhuha di MAN 4 Jombang. (2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan shalat dhuha yang telah di laksanakan di MAN 4 Jombang merupakan kegiatan keagamaan yang wajib di laksanakan oleh peserta didik MAN 4 Jombang. Kegiatan keagamaan shalat dhuha juga di lakukan secara berjamaah di musholah sekolahan. (3) Evaluasi dari kegiatan shalat dhuha berjamaah di MAN 4 Jombang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu peserta didik lebih paham arti dari beribadah kepada Allah SWT, akhlak yang baik dan mereka pun juga berkembang terlihat dari keseharian peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Akhirat
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193341 Ainur Rizqiah Firdausi
Date Deposited: 05 Aug 2023 03:47
Last Modified: 05 Aug 2023 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38024

Actions (login required)

View Item View Item