ANNISA DWI WULANDARI, 12210193110 (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL APA PUN SELAIN HUJAN KARYA ORIZUKA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (236kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Apa Pun Selain Hujan Karya Orizuka dan Relevansinya sebagai Alternatif Materi Ajar Bahasa Indonesia di SMP" Di tulis oleh Annisa Dwi Wulandari, NIM 12210193110, pembimbing: Muyassaroh, S.S., M.Pd.Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Novel. Munculnya Kurikulum 2013 untuk semua satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan salah satu langkah sentral juga strategi dalam kerangka menguatkan karakter menuju bangsa Indonesia yang madani. Di dalam Kurikulum 2013 ditekankan keseimbangan antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk mengubah sikap peserta didik agar lebih santun melalui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. Pendidikan karakter hendaknya dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah karya sastra novel. Novel yang baik merupakan novel yang memiliki sifat reseptif dan dapat membawa nilai-nilai positif yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Novel yang berjudul Apa Pun Selain Hujan merupakan salah satu novel yang dianggap dapat digunakan untuk menyampaikan pendidikan karakter pada anak. Novel ini menggambarkan tokoh Kayla sebagai prempuan yang baik hati dan tanpa sadar ingin membantu Wira melawan rasa takut yang dideritanya. Selain itu, dalam novel juga digambarkan bagaiamana Wira memiliki sifat yang terkadang terkesan egois namun pada dasarnya Wira memiliki hati yang baik dan suka membantu. Teman-teman Wira yang digambarkan memiliki sifat yang baik dan tetap mau menerima Wira dengan baik bagaimanapun keadaanya. Dan beberpa tokoh pendukung lainya yang digambarkan memiliki sifat baik, menjadikan novel ini cocok jika dikaji untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Apa Pun Selain Hujan karya Orizuka dan (2) mendeskripsikan relevansi nilai pendidika karakter terhadap mataei pembelajaran Bahasa Indonesia dalam novel Apa Pun Selain Hujan karya Orizuka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk menganalisis isi novel Apa Pun Selain Hujan karya Orizuka. Bagian-bagian dari novel Apa Pun Selain Hujan karya Orizuka yang berupa dialog, monolog, dan narasi guna memperoleh data mengenai nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam novel Apa Pun Selain Hujan ditemukan 13 nilai pendidikan karakter, yang meliputi nilai religius, nilai disiplin, nilai kreatif, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai mandiri, nilai jujur, nilai rasa ingin tahu, nilai peduli sosial, nilai toleransi, nilai komunikatif, nilai menghargai prestasi dan nilai menjaga lingkungan, (2) novel Apa Pun Selain Hujan dapat digunakan sebagai manteri pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP karena bahasa yang digunakan mudah dipahami, sesuai dengan psikologi peserta didik, dan selaras dengan latar sosial budaya peserta didik. Selain itu, novel Apa Pun Selain Hujan juga mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat dijadikan contoh bagi peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193110 ANNISA WULAN |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 04:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38027 |
Actions (login required)
View Item |