ARINATUSSA’DIYAH, 2811123003 (2016) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK SIANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (469kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Arinatussa’diyah, NIM. 2811123003, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMK Siang Tulungagung”, Dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A, NIP. 19740408 200710 1 003. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mutu pendidikan agama Islam belum memenuhi harapan masyarakat pada umumnya. Pendidikan agama Islam di sekolah hanya dianggap sebagai pengetahuan saja, belum diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dibuktikan kurangnya rasa hormat siswa kepada guru serta ketercapaian/target kurikulum dengan nilai yang kurang menggembirakan. Untuk mengatasi problem tersebut guru harus meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam di sekolah, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di Indonesia. Upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam di sekolah yaitu guru PAI dituntut untuk mempunyai kreativitas, yakni dengan menciptakan suasana yang baru dan lebih menarik pada setiap kegiatan pembelajaran di kelas. Di antaranya dengan kreatif memilih dan mengembangkan metode, media, serta sumber belajar agar lebih menarik dan menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas Guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran di SMK Siang Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di SMK Siang Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar di SMK Siang Tulungagung?. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Siang Tulungagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi dan tepat dalam pembelajaran. Penggunaan metode yang bervariasi bertujuan agar proses pembelajaran lebih menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu metode juga harus disesuaikan dengan materi pelajaran, kondisi, minat, dan kemampuan siswa. (2) Guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi pelajaran. Guru juga mengembangkan media dengan mencari dan mengeksplorasi media pembelajaran selain yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. (3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di kelas maupun di luar kelas, bahkan di luar sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174014 ARINATUSSA’DIYAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2016 03:48 |
Last Modified: | 16 Sep 2016 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3807 |
Actions (login required)
View Item |