TINJAUAN HUKUM PERDATA DAN FIQH MUAMALAH TERHADAP SEWA MENYEWA PERAHU NELAYAN DI PANTAI KLATAK (Studi Kasus di Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

NOVITA ILMANA LORETA, 12101193068 (2023) TINJAUAN HUKUM PERDATA DAN FIQH MUAMALAH TERHADAP SEWA MENYEWA PERAHU NELAYAN DI PANTAI KLATAK (Studi Kasus di Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Novita Ilmana Loreta, 12101193068, Tinjauan Hukum Perdata Dan Fiqh Muamalah Terhadap Sewa Menyewa Perahu Di Pantai Klatak (Studi Kasus di Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata kunci: Sewa Menyewa, Hukum Perdata, Fiqh Muamalah Terdapat tiga permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana praktek sewa menyewa perahu nelayan di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung?; 2) Bagaimana tinjauan hukum perdata terhadap sewa menyewa perahu nelayan di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung?; 3) Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap sewa menyewa perahu nelayan di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mendeskripsikan praktek sewa menyewa perahu nelayan dan menganalisi tinjauan hukum perdata serta menganalisis tinjauan fiqh muamalah terhadap sewa menyewa perahu nelayan di Pantai klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tersebut. Metode yang digunakan penelitian ini adalah jenis metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Praktek sewa menyewa perahu di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung ada salah satu pihak yang memberikan sewa perahu dan orang yang menerima sewa perahu dimana pelaksanaan sewa menyewa terdapat ketidaksesuaian dengan perjanjian diawal yaitu terkait biaya perbaikan perahu yang ditanggung oleh penerima sewa dimana seharusnya di tanggung oleh pemberi sewa. Di sisi lain ada pihak penyewa yang melanggar peraturan yaitu terlambat mengembalikan sehingga pada waktu penyerahan perahu dari penyewa ke pemilik perahu, penyewa dikenakan denda atas keterlambatan tersebut. 2) Ditinjau dari hukum perdata sudah sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam pasal 1246 KUHPerdata tentang ganti rugi karena wanprestasi tapi kemudian ada pihak yang mengingkari janji, sehingga melanggar pasal 1243 KUHPerdata mengenai ganti rugi karena perbuatan melawan hukum. 3) Tinjauan fiqh muamalah terhadap praktek sewa menyewa perahu di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung terdapat ketidaksesuaian pelaksanaan sewa-menyewa dengan perjanjian yang telah disepakati, selain itu terdapat pihak yang merasa dirugikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193068 NOVITA ILMANA LORETA
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:48
Last Modified: 03 Aug 2023 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38097

Actions (login required)

View Item View Item