EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri)

DEWI FATIMATUS SHOLICHAH, 12403193167 (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19 (Studi Pada Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Dewi Fatimatus Sholichah, Nim. 124503193167, pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A. Menurut Pemendagri Nomor 113 Tahun 2014 keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Tahapan dalam pengelolaan keuangan desa yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan sampai pertanggungjawaban. Pengelolaan keuangan desa dimulai dengan disusunya Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk satu tahun berjalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pengeloaan anggaran desa dan kendala-kendala yang dihadapi pemerintah desa sebelum dan sesudah adanya pendemi Covid-19 di Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, serta untuk mendeskripsikan peraturan yang digunakan pemerintah Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dalam penerapan sistem akuntansinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mengolah data-data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pengelolaan keuangan terutama Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Badal dapat dikatakan telah berjalan dengan efektif, baik sebelum adanya Pandemi Covid-19 maupun sesudah adanya Pandemi Covid-19. Kendala terjadi pada pemerintahan Desa pada pengelolaan APBDesnya yaitu dimana ketika terdapat kegiatan yang belum masuk kedalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa. Upaya yang dilakukan pemerintah Desa Badal dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengajukan perubahan perkades kepada kantor DPMPD. Pemerintah Desa Badal dalam penerapan sistem akuntansi desa pada pengeloaan keuangannya tidak menggunakan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) No. 1 Tahun 2019 akan tetapi menggunakan peraturan khusus pengelolaan keuangan desa yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) nomor 20 tahun 2018. Kata Kunci: Efektifitas, Pengelolaan Keuangan Desa, APBDes, Pencatatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Dana Desa
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193167 Dewi Fatimatus Sholichah
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:13
Last Modified: 03 Aug 2023 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38128

Actions (login required)

View Item View Item