PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020/2021)

FERISKI VALENTINA FEBRIANTI, 12406193165 (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020/2021). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Modal Minimal terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2020/2021)” di tulis oleh Feriski Valentina Febrianti NIM. 12406193165. Pembimbing: Nurul Fitri Ismayanti, M.E.I Kegiatan berinvestasi di pasar modal yang banyak diminati dikalangan masyarakat terutama mahasiswa. Selama dibangku perkuliahan mahasiswa telah dibekali pembelajaran mengenai investasi sehingga mereka telah memiliki kemampuan potensial dalam melakukan praktik berinvestasi. Namun pada kenyataanya masih banyak mahasiswa yang mengurungkan niatnya untuk berinvestasi di Pasar Modal karena kurangnya literasi keuangan dan efikasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu mahasiswa mengalami kendala dalam modal untuk berinvestasi karena mahasiswa belum memiliki penghasilan tetap. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1) Untuk menguji pengaruh signifikan antara literasi keuangan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar moda. 2) Untuk menguji pengaruh signifikan antara efikasi keuangan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. 3) Untuk menguji pengaruh signifikan modal minimal terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. 4) Untuk menguji pengaruh secara simultan literasi keuangan, efikasi keuangan dan modal minimal terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa manajemen keuangan syariah angkatan tahun 2020/2021. Dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian berjumlah 252 orang. Perhitungan sampel menggunakan metode slovin dengan jumlah 165 responden. Data penelitian bersifat primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online. Data di uji menggunakan Eviews 9 dengan memalui beberapa tahapan yaitu : uji validitas, uji reliabilitas, uji nromalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan) dan uji koefisien determinan (Adjusted R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. (2) Efikasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. (3) Modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. (4) Literasi keuangan, efikasi keuangan dan modal minimal terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Implikasi praktisi penelitian ini minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal didorong oleh literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa. Kata kunci : Efikasi Keuangan, Literasi Keuangan, Minat Berinvestasi, Modal Minimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Modal
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:20
Last Modified: 03 Aug 2023 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38154

Actions (login required)

View Item View Item