PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS X-XII DI MA DARUL LUGHAH WAL KAROMAH KRAKSAAN PROBOLINGGO

DIANA MASRUROTUL JANNAH, 12201193076 (2023) PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN PESERTA DIDIK KELAS X-XII DI MA DARUL LUGHAH WAL KAROMAH KRAKSAAN PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X-XII di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo” ini ditulis oleh Diana Masrurotul Jannah, NIM 12201193076, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Mohammad Ja’far As-shodiq, S.Kom, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Tahfidz, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an. Minat peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an saat ini berkurang. Banyak yang ingin menghafal Al-Qur’an tapi takut nantinya tidak bisa istiqomah muroja’ah (mengulang) dan menjaga hafalannya. Padahal banyak sekali lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang mengadakan program menghafal Al-Qur’an (Tahfidzul Qur’an). Peminat dari program tahfidz itu sendiri juga terdiri dari berbagai macam kalangan, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan atas. Pemberian motivasi kepada peserta didik penghafal Al-Qur’an sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an peserta diidk. Dari hal tersebut guru tahfidz memiliki peran yang sangat penting untuk memotivasi, membimbing, dan mengevaluasi peserta didiknya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas X-XII di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo, dengan rumusan pertanyaan sebagai berikut 1) Bagaimana peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik kelas X-XII untuk menghafal al-Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo?, 2) Bagaimana peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik kelas X-XII untk menghafal Al-Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik kelas X-XII untuk menghafal Al- Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo, dan untuk mendeskripsikan peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik kelas X-XII untuk menghafal Al-Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian lapangan menggunakan studi kasus. Pengumpulan data yang kami ambil menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengamati lokasi dan kegiatan pembelajaran tahfidz, dan informan dari wawancara adalah kepala madrasah, guru tahfidz dan beberapa peserta didik, dan juga mendokumentasikan kegiatan- kegiatan di madrasah. Hasil dari penelitian ini adalah peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik kelas X-XII untuk menghafal Al-Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo yaitu dengan membangkitkan semangat dan minat peserta didik, menguatkan keinginan peserta didik, memberi pemahaman kepada peserta didik, menyuruh peserta didik membuat skala prioritas, dan memberikan ketegasan kepada peserta didik. Sedangkan peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik kelas X-XII untuk menghafal Al- Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo adalah dengan menentukan target hafalan, memberi hadiah atau reward, memberi evaluasi atau ujian, mengadakan wisuda tahfidz, mengikutkan lomba peserta didik, m engajak nobar (nonton bareng), menjadi teman dan pendengar yang baik bagi peserta didik, dan memberi pemahaman kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dyana 12201193076 Dyana Masrurotul Jannah
Date Deposited: 04 Aug 2023 05:01
Last Modified: 04 Aug 2023 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38178

Actions (login required)

View Item View Item