DEWI PURNAMASARI, 2811123070 (2016) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI PONDOK DARUL ISLAH NARATHIWAT THAILAND SELATAN. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
||
Text
BAB II .pdf Download (658kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (787kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Pondok Darul Islah Narathiwat Thailand Selatan” ini ditulis oleh Dewi Purnamasari, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 2811123070 Tahun 2016 dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Pembentukan Akhlakul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh berbagai gejala yang melibatkan perilaku remaja saat ini. Penyimpangan moral yang jauh dari nilai-nilai norma dan etika yang mulai meresahkan masyarakat. Pentingnya Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlakul Karimah santri di Pondok Darul Islah karena selain mengajarkan materi tentang akhlak, mereka juga memiliki peran yang besar dalam memberikan teladan yang baik agar dapat membentuk santri menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan sopan santun santri Pondok Darul Islah Narathiwat Thailand Selatan. 2) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Kejujuran Santri Pondok Darul Islah Narathiwat Thailand Selatan. 3) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan tanggung jawab santri Pondok Darul Islah Narathiwat Thailand Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di Pondok Darul Islah Narathiwat Thailand Selatan. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Aqidah Akhlak dan santri. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Dalam Pembentukan Sopan Santun, Peran Guru Aqidah Akhlak adalah Memberikan pengarahan di awal semester setelah penerimaan santri baru berkaitan tentang peraturan etika yang tidak tertulis, Bekerja sama dengan seluruh guru dalam membentuk sopan santun dengan memberikan teladan atau contoh bagaimana bersikap sopan santun, Membudayakan gerakan 5S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) dan Memberikan peringatan dan sanksi kepada santri yang kurang sopan. 2) Dalam Pembentukan Kejujuran, Peran Guru Aqidah Akhlak adalah memberikan motivasi untuk bersikap jujur dengan menceritakan kisah-kisah Islami yang berkaitan dengan kejujuran, Membuat beberapa tulisan yang berisi ayat-ayat Al-Qur’an, Hadits dan kata-kata bijak berkaitan dengan akhlakul karimah kejujujuran, Bersikap sabar dengan bertanya secara halus saat menemukan siswa datang terlambat, Memantau para santri dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya seperti sholat berjama’ah di masjid, mengaji kitab dan saat kebersihan, Membiasakan santri untuk bersikap jujur pada saat ujian, dan mengatur posisi duduk saat ujian serta memberikan pengawas lebih dari satu orang. 3) Dalam Pembentukan Tanggung Jawab, Peran Guru Aqidah Akhlak adalah Memberikan teladan atau contoh bertanggung jawab pada tugas dan kewajiban antara lain dengan melaksanakan sholat berjama’ah di masjid dan selalu menghargai waktu dengan datang ke sekolah tepat waktu, Mengajarkan kepemimpinan dengan pembagian tugas kelompok dan memilih ketua pada setiap kelompok, Mengajarkan untuk bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas kelompok, Memantau para santri dalam melaksanakan tugasnya saat piket kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S. Pd.I 2811123070 DEWI PURNAMASARI |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 04:45 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 04:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3821 |
Actions (login required)
View Item |