KRITERIA MEMILIH CALON MENANTU DI ERA DIGITALISASI (Studi Kasus di Masyarakat Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek)

ULFA SEPTIANA WAHYUNI, 12102193089 (2023) KRITERIA MEMILIH CALON MENANTU DI ERA DIGITALISASI (Studi Kasus di Masyarakat Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ulfa Septiana Wahyni, 12102193089, Kriteria Memilih Calon Menantu Di Era Digitalisasi (Studi Kasus Di Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Ladin, S.H.I., M.H. Kata Kunci: kriteria calon menantu, Hukum Islam Adanya kriteria pada hakikatnya ada yang menerima dan ada juga yang menolak, sehingga menimbulkan pro kontra dikalangan keluarga masyarakat Munjungan Kabupaten Trenggalek. Hal ini menimbulkan adanya faktor yang merubah pemilihan diantaranya adalah Faktor internal meliputi faktor personal adannya tuntutan dan kondisi keuangan dan Faktor eksternal meliputi penghasutan pada era modernisasi. Kriteria memilih calon menantu di era digitalisasi menjadi kasus yang menarik untuk dikaji berdasarkan prespektif hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kriteria menjadi standar memilih calon menantu di era digitalisasi pada masyarakat Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana apabila dijadikan standar dalam memilih calon menantu dalam prespektif hukum Islam? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui menjadi standar dalam memilih calon menantu di era digitalisasi pada masyarakat Desa Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. 2) Untuk mengetahui apabila dijadikan standar dalam memilih calon menantu dalam prespektif hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi sumber digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini terdapat dua hasil, yaitu: 1) bahwa di Desa Tawing masih ada perbedaan pendapat antara orang tua dan anak dalam menentukan calon pasangan. Bahwasannya orang tua menuntut anaknya untuk mendapatkan calon pendamping yang sepadan dengan latar belakang keluarga dalam memilih calon menantu, seperti pendidikan, jabatan, dan keseimbangan antar keluarga. 2) masyarakat desa Tawing Kecamatan Munjungan memiliki kriteria yang sesuai dengan pandangan Prespektif Hukum Islam. Ada beberapa empat kriteria yang menjadi tolak ukur dalam menentukan calon pasangan hidup. Diantarannya adalah agama, harta, memiliki sifat taanggung-jawab, dan berkepribadian baik. Namun, ada juga yang lebih memprioritaskan agama dan akhlak. Kriteria memilih calon menantu di Desa Tawing dianggap relevan oleh masyarakat dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Masyarakat memandang bahwa penampilan fisik yang menarik dan kemampuan finansial yang baik dapat memberikan kontribusi terhadap terwujudnya keluarga yang harmonis. Namun, penting juga untuk memperhatikan pandangan agama dan nilai-nilai Islam dalam proses memilih calon menantu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Peradilan Islam > Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193138 Zukhrufatin Nisa'
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:42
Last Modified: 09 Aug 2023 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38210

Actions (login required)

View Item View Item