RISALATUL MU'AWANAH, 12204193034 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTsN 5 Blitar” ini ditulis oleh Risalatul Mu’awanah, NIM. 12204193034, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D Kata Kunci: penalaran matematis, menyelesaiakan soal, bangun ruang sisi datar Kemampuan penalaran matematis sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan soal matematika. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa membuat mereka kesulitan dalam menyelesaikan soal. Padahal kemampuan penalaran matematis ini sangatlah penting bagi siswa dalam menyelesaikan soal. Penalaran matematis adalah kemampuan berpikir tentang masalah matematika, terutama berpikir tentang logis terkait dengan masalah matematika yang dihadapi untuk menarik kesimpulan berupa pemecahan masalah. Kemampuan penalaran matematis tersebut berupa menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, menyusun bukti, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTsN 5 Blitar, Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTsN 5 Blitar yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Wawancara dilakukan untuk mendalami bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Subjek yang mengikuti wawancara sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan penalaran matematis yang didapatkan yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaiakan soal bangun ruang sisi datar memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, menyusun bukti, menarik kesimpulan dari pernyataan, 2) Kemampuan penalaran matematis yang didapatkan yang kerkemampuan sedang dalam menyelesaiakan soal bangun ruang sisi datar memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, menyusun bukti, 3) Kemampuan penalaran matematis yang didapatkan yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan matematis secara lisan dan tertulis, menyusun bukti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193034 Risalatul Mu'awanah |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:19 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38220 |
Actions (login required)
View Item |