STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

ERWIN HIDAYAT, 12201173037 (2021) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Erwin Hidayat, NIM 12201173037, Pendidikan Agama Islam (PAI), tahun 2021 dibimbing oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an, Al-Qur’an Hadits Strategi pembelajaran merupakan suatu komponen yang harus dijalankan oleh seorang guru dalam suatu proses pembelajaran, dalam hal ini terutama guru Al-Qur’an Hadits harus memiliki kreativitas dalam mengatur jalannya pembelajaran dalam kelas. Pada fenomena yang ada guru Al-Qur’an Hadits menghadapi beberapa kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Oleh sebab itu untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik guru Al-Qur’an Hadits dituntut untuk memiliki kreativitas yang baik dalam menentukan strategi pembelajaran. dalam penelitian ini juga yang dijadikan objek penelitian adalah MTsN 1 Tulungagung yang terletak di Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al -Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? 2) bagaimana strategi penyampaian guru AlQur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung? 3) bagaimana strategi pengelolaan guru AlQur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al -Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung, 2) mendesskripsikan strategi penyampaian guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung, 3) mendeskripsikan strategi pengelolaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancaraa dari waka kurikulum dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang keikut sertaan, ketekunan/kejegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh oleh oleh peneliti adalah sebagai berikut, 1) Strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yaitu, membuat perangkat pembelajaran, memberikan pokok materi pembelajaran, memberikan tugas kepada peserta didik secara mandiri dan kelompok, dan membuat format penilaian atas penguasaan tiap materi. Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik mengalami peningkatan dengan prosentase 14%. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik ini dapat dilihat dari hasil belajar dari ranah psikomotorik pesserta didik setelah guru Al-Qur’an Hadits menerapkan strategi pengorganisasian pembelajaran. 2) Strategi penyampaian guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yaitu, menggunakan berbagai metode pembelajaran, dan menggunakan berbagai media saat pembelajaran. Dalam praktiknya guru sering menggunakan lagu-lagu untuk menarik minat peserta didik, juga agar kemampuan peserta didik dalam membaca Al -Qur’an dapat meningkat. 3) Strategi Pengelolaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Tulungagung yaitu, memberikan motivasi atau menarik perhatian, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, mengingatkan kompetensi prasyarat, menilai penampilan kemampuan peserta didik, dan memberikan umpan balik. Pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTsN 1 Tulungagung juga didukung dengan adanya ekstrakulikuler Baca Tulis Qur’an (BTQ), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan juga adanya program tahfidz. Guru Al -Qur’an Hadits juga memanfaatkan metode tutor sebaya dalam kelas, sehingga siswa yang dianggap sudah baik dalam membaca Al-Qur’an dapat memotivasi dan membantu temannya agar lebih bersemangat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173037 Erwin Hidayat
Date Deposited: 02 May 2024 03:13
Last Modified: 02 May 2024 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38229

Actions (login required)

View Item View Item