IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI GURU PENGAJAR DI MIN 10 BLITAR DALAM PENELUSURAN INFORMASI MELALUI SEARCH ENGINE GOOGLE DENGAN MODEL EMPOWERING EIGHT (E8)

YUNITA DWI LESTARI, 12310193091 (2023) IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI GURU PENGAJAR DI MIN 10 BLITAR DALAM PENELUSURAN INFORMASI MELALUI SEARCH ENGINE GOOGLE DENGAN MODEL EMPOWERING EIGHT (E8). [ Skripsi ]

[img] Text
IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI GURU PENGAJAR DI MIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas implementasi literasi informasi dan kendala yang dialami guru pengajar di MIN 10 Blitar dalam penelusuran informasi melalui search engine google dengan model empowering eight (E8). Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah guru di MIN 10 Blitar sudah memiliki kemampuan literasi informasi saat menelusur informasi, hal ini ditunjukkan dengan para guru tersebut sudah mampu menelusur informasi melalui search engine google dengan model empowering eight (E8), Adapun tahapan yang dilakukan adalah identifikasi, eksplorasi, seleksi, organisasi, penciptaan, presentasi, penilaian, dan aplikasi, dari delapan tahapan empowering eight ada 3 tahapan yang belum sepenuhnya dikuasai yaitu tahapan identifikasi, eksplorasi, dan penciptaan. Sedangkan kendala yang dihadapi guru saat menelusur informasi yaitu koneksi jaringan internet pada MIN 10 Blitar masih terhambat dan tidak optimal, guru harus mengulang-ngulang kata kunci saat menelusur informasi, guru MIN 10 Blitar belum memilih sumber informasi yang akurat selain itu guru belum terbiasa untuk melakukan proses sitasi. Keywords: Literasi Informasi, Google, Empowering Eight.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan > Bahan Pustaka
Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: S1 12310193091 Yunita Dwi Lestari
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:26
Last Modified: 21 Aug 2023 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38320

Actions (login required)

View Item View Item