NURUL AZIZAH, 12208193091 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (477kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Pada Materi Sistem Reproduksi” ini ditulis oleh Nurul Azizah, NIM 12208193091, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Kemampuan berpikir kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dimana pada praktiknya pembelajaran didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang terbiasa mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada saat pembelajaran. Siswa tidak terbiasa memecahkan suatu permasalahan dan mencari lebih jauh mengenai suatu permasalahan sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menurun. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan dapat mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri, yaitu dengan menggunakna model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Model ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan untuk menyampaikan gagasan dalam memecahakan suatu permasahan yang berhubungan dengan materi model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengualang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain postttes-only design with nonequivalent groups. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di MAN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sampel t-Tes dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM (Science, Technology, xx Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193090 Nadifa Nur Fatjrin |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38399 |
Actions (login required)
View Item |