PENGELOLAAN ZAKAT PROGRAM ZCD (ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT) (Studi Kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol)

SRI RAHAYU, 12404193061 (2023) PENGELOLAAN ZAKAT PROGRAM ZCD (ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT) (Studi Kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (996kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengelolaan Zakat Program ZCD (Zakat Community Development) (Studi Kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol)”. ini ditulis oleh Sri Rahayu, NIM. 1240419306, pembimbing Bapak Dr. H. Mashudi, M. Pd. I. Penelitian ini dilatarbelakangi dari perkembangan program ZCD (Zakat Community Development) usaha binaan BAZNAS Tulungagung sudah ada tiga program zakat produktif salah satunya yaitu, budidaya ikan patin, budidaya ikan guramih, budidaya kambing. Karena keterbasan dana jadi program ini belum menyeluruh di Wilayah Tulungagung, hal ini sangat disayangkan melihat banyaknya potensi yang bisa disalurkan BAZNAS Kabupaten Tulungagung dalam mensejahterakan mustahik di Wilayah Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan zakat program ZCD (zakat community development) (studi kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendeljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol) dilakukan?. 2)Bagaimana kendala serta solusi yang dihadapi pada program ZCD (zakat community development) (studi kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendeljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol) dilakukan?. 3) Bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional dalam manajemen pegelolaan zakat program ZCD (zakat community development) ) (studi kasus pada UPZ BAZNAS Kabupaten Tulungagung di Desa Bendeljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol) dilakukan untuk mustahik? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang memperoleh datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung, UPZ Mushola Miftahul Huda, dan dari beberapa mustahik penerima program Zakat Community Development. Data yang terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan zakat program Zakat Community Development di BAZNAS Kabupaten Tulungagung dengan melakukan. Perencanaan dan pelaksanaan dalam melakukan survey untuk kesanggupan budidaya serta monitoring, evaluasi dan pemberian modal. Pendistribusian yang bisa berupa jasa dalam pembudidaya atau barang dari investor yang berupa pakan, dan ikan. Penghimpunan yang dikumpulkan dari suatu organisasi yang berupa uang, bahan baku, serta kebutuhan lainnya. 2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya meliputi pengembangan program Zakat Community Developmen di BAZNAS Kabupaten Tulungagung, kendala dalam budidaya ikan patin, dan kendala dalam harga pasar. 3) pengawasan yang dilakukan untuk mustahik yakni melakukan pengawasan,evaluasi, bimbingan, dan monitoring dalam upaya pengembangan kolam. Kata Kunci: Pengelolaan Zakat, Program ZCD (Zakat Community Development)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Infaq
Agama > Shodaqoh
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: Sri 12404193061 Sri Rahayu
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:07
Last Modified: 16 Aug 2023 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38497

Actions (login required)

View Item View Item