ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 2 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN (Studi Kasus Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri)

WURI SUSANTI, 12403193143 (2023) ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 2 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN (Studi Kasus Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 2 Tentang Laporan Realisasi Anggaran (Studi Kasus pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri)” ditulis oleh Wuri Susanti, 12403193143, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Zaki Bahrun Ni’am, S.Pd., M. Akun. Laporan keuangan pemerintah harus mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP). PSAP adalah acuan, pedoman, dan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka menyajikan laporan keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel. Peraturan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah memuat banyak sekali peraturan, salah satunya terkait tentang laporan realisasi anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyusunan laporan realisasi anggaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri serta untuk mengetahui apakah penyusunan laporan realisasi anggaran sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian jenis ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana kesesuaian laporan realisasi anggaran yang disusun dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 2. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dimana data primer diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa laporan realisasi anggaran disusun dengan melibatkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Bendahara Pengeluaran, Subbag Keuangan, Kepala Dinas, dan Bagian Pengarsipan. Masing�masing pihak yang terlibat mempunyai fungsi dan tugasnya yang berbeda dalam membuat dokumen penunjang laporan realisasi anggaran. Laporan realisasi anggaran yang disusun oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri belum bisa dikatakan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 2 100% karena tidak adanya keterangan mata uang pada pelaporan serta menggunakan basis akrual dan basis kas dalam menyusun pos pendapatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193143 Wuri Susanti
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:39
Last Modified: 09 Aug 2023 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38603

Actions (login required)

View Item View Item