KAJIAN TEKNIK PROPAGANDA MEDIA SOSIAL SANDIAGA UNO JELANG PILPRES 2024

IFANA NOVYLIA WULAN, 12305193021 (2023) KAJIAN TEKNIK PROPAGANDA MEDIA SOSIAL SANDIAGA UNO JELANG PILPRES 2024. [ Skripsi ]

[img] Text
KAJIAN TEKNIK PROPAGANDA MEDIA SOSIAL SANDIAGA UNO JELANG PILPRES 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Sandiaga Uno merupakan seorang menteri dan politisi yang baru saja keluar dari partai Gerindra dan dikabarkan akan bergabung dengan Partai Persatuan Pebangunan (PPP). Sandiaga Uno memiliki akun resmi media sosial Instagram @sandiuno, Twitter @sandiuno dan Tiktok @sandiuno.official. Ia menggunakan akun media sosialnya untuk mengkomunikasikan kebijakan publik, kegiatan pemerintahan dan politiknya. Hal ini menentukan komunikasi politik Sandiaga Uno dalam akun media sosialnya. Analisis konten media sosial ditentukan dengan metode teori propaganda Shahreza dan El-Yana (2016) dan hasilnya didukung teori Hikmat (2010) tentang tujuh bentuk komunikasi politik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sandiaga Uno menggunakan delapan dari empat belas teknik propaganda, yaitu Penggantian nama yang gemerlap cemerlang atau bijak, pengakuan, perendahan diri, seleksi, gerobak music, pengulangan, penggunaan teknik persuasi, mengedepankan reputasi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan elektabilitas Sandiaga Uno, jika ia (atau timnya) menggunakan komunikasi politik yang lebih dinamis. Kata kunci: Komunikasi, Politik, Media Sosial, Propaganda, Sandiaga Uno

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193021 IFANA NOVYLIA WULAN
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:50
Last Modified: 09 Aug 2023 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38609

Actions (login required)

View Item View Item