STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TELUR AYAM DI KABUPATEN BLITAR

M. FATKHUL RAMADHANI, 12305193077 (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TELUR AYAM DI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TELUR AYAM DI KABUPATEN BLITAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Sektor peternakan ayam petelur harus mampu ditangani secara serius, Sehingga nantinya mampu memberikan banyak manfaat bagi kebutuhan masya-rakat. Dibalik keberhasilan suatu peternakan dan penjualan telur ayam terdapat pemasaran yang sangat menentukan perkembangan usaha tersebut. Harga telur selalu berubah sesuai dengan kondisi pasar. Berbagai kendala yang di-alami antara lain fluktuasi harga produk, fluktuasi sarana produksi margin usaha rendah. Terdapat faktor kendala lain yaitu wabah penyakit, harga pakan ternak yang berubah-ubah , serta tingginya persaingan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran telur ayam di UD_QO. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan, yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti terhadap responden. Lokasi penelitian di Ud_Qo yang beralamatkan di Desa Kebonduren Kec. Ponggok Kab. Blitar. Metode pengumpulan datanya dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam penjualan telur ayam merah menggunakan jenis komunikasi pemasaran yang terdiri dari pemasaran secara online serta pemasaran secara langsung, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar bisa menghasilkan laba yang meningkat dalam penjualan telur ayam merahnya. Beliau menggunakan beberapa media, diantaranya adalah spanduk dan pamflet yang disebarluaskan melalui media sosial. Dari beberapa media periklanan yang digunakan oleh Bapak Qowim, beliau lebih sering memanfaatkan media online dalam menyebarkan informasi mengenai telur ayam merahnya kepada calon konsumen. Media online yang sering digunakan oleh beliau adalah instagram. Setiap hari bapak Qowim selalu update mengenai informasi produk telur ayam merah dan selalu melakukan komunikasi dengan pelanggan secara mendalam. Kata kunci: Instagram, Strategi Pemasaran, Telur

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193077 M. FATKHUL RAMADHANI
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:10
Last Modified: 09 Aug 2023 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item