PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asap di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)

LIYA KHOIRIYAH, 12403193152 (2023) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asap di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, dan Pengalaman usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asap di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Liya Khoiriyah dengan NIM. 12403193152 yang dibimbing Zaki Bahrun Ni’am, S. Pd.,M.Akun. Penelitian ini membahas tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pengolahan ikan asap di Desa Ngebong yang telah dijalankan oleh masyarakat mulai dari turun menurun dari keluarga maupun dari keinginan sendiri. Namun pada umumnya pengelola usaha kecil tidak menguasai dan tidak menerapkan sistem keuangan yang memadai. Pengusaha kecil secara umum masih menganggap bahwa informasi akuntansi tersebut tidak penting, sulit diterapkan, dan membuang biaya serta waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (2) Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (3) Pengaruh Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (4) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif dengan data primer. Pengambilan sampel menggunakan dasar pengambilan sampel jenuh dengan penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (2) Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (3) Pengalaman usaha berpengaruh dan positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung (4) Pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan dan pengalaman usaha secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM di Desa Ngebong Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci : Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Pengalaman usaha, dan Informasi Akuntansi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193152 LIYA KHOIRIYAH
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:54
Last Modified: 08 Aug 2023 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38635

Actions (login required)

View Item View Item