HENY MASITHOH, 12211193091 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X Di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Heny Masithoh, NIM. 12211193091, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran fisika yang perlu dilakukan upaya perbaikan ke arah yang lebih baik. Permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran fisika yaitu cukup banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika. Faktor yang sering dijadikan problematika siswa adalah pelajaran fisika itu sulit, terlalu banyak rumus, membosankan dan pada akhirnya siswa hanya mengandalkan kemampuan menghafal untuk mempelajari fisika. Karena itu, dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini masih banyak guru yang terbiasa menggunakan model pembelajaran Teacher Centered Learning dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang optimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk mendorong motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi siswa, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi siswa kelas X di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kota Blitar. Pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw) dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah: 1) Metode angket, 2) Metode tes, 3) Metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) Uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), 2) Uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), 3) Uji hipotesis (uji-t dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di MAN Kota Blitar, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di MAN Kota Blitar. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di MAN Kota Blitar, dibuktikan dengan hasil uji MANOVA yaitu diperoleh nilai F = 96,069 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Mahasiswa 12211193091 Heny Masithoh |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38733 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI MAN KOTA BLITAR. (deposited 08 Aug 2023 07:54)
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI MAN KOTA BLITAR. (deposited 10 Aug 2023 07:33) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |