STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

AHMAD AL BASTOMI, 2811123039 (2016) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Al Bastomi, NIM. 2811123039, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena pendidikan agama Islam yang saat ini dihadapkan pada tantangan zaman yang lebih berat diantaranya yaitu maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan mental dan pola pikir manusia. Di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yaitu peserta didik yang ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran PAI masih gaduh dan tidak memperhatikan pelajaran, sehingga pengetahuan peserta didik terhadap pelajaran tersebut masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang termotivasi dalam belajar sehingga minat peserta didik untuk belajar sangat kurang. Dengan demikian dalam menghadapi tantangan tersebut, maka peran seorang guru khususnya guru pendidikan agama Islam berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar pendidikan agama Islam dengan maksimal. Yang menjadi fokus penelitian masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (2) Apa saja kendala guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung (2) Untuk mendiskripsikan kendala guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung masih rendah karena ada beberapa siswa ketika pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang kurang memperhatikan dan kurang semangat untuk mengikuti kegiatan belajar sehingga pembelajaran kurang efektif. Adapun kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, pengaruh dari teman sebaya, kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua, dan kurangnya jam mata pelajaran PAI. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar PAI yaitu memberikan nilai, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, memberikan hukuman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengadakan ulangan. Dengan adanya bentuk-bentuk motivasi belajar tersebut, diharapakan siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123039 AHMAD AL BASTOMI
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:17
Last Modified: 19 Dec 2016 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item