PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HATMA WIDYA, 2817123072 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.SAMPUL.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. MOTTO, PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI, TABEL, BAGAN, GAMBAR, DIAGRAM, LAMPIRAN.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Hatma Widya, NIM. 2817123072, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, MM Kata Kunci: Metode, Inquiry, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung, yakni hasil belajar peserta didik masih relatif rendah yang ditandai dengan 70% nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu juga cara guru dalam melaksanakan pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah tunggal sehingga pembelajaran sering berpusat pada guru yang membuat peserta didik merasa jenuh sehingga kegiatan belajar yang selama ini berlangsung menjadi kurang efektif. Dalam hal ini peneliti berusaha menolong demi mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode pembelajaran inquiry. Metode pembelajaran inquiry mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif mengajukan pertanyaan yang baik terhadap materi yang disampaikan, peserta didik diberi ruang untuk menyerap, mengerti dan merespons setiap bagian dari materi yang disampaikan. Dengan penerapan metode pembelajaran inquiry diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditemukan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gerak benda kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gerak benda kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gerak benda kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, 2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gerak benda kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A Madrasah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode pembelajaran inquiry dalam mata pelajaran IPA materi gerak benda kelas III-A di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungaagung dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan yang ditetapkan, 2) Hasil belajar peserta didik kelas III-A MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung mengalami peningkatan, dimulai dari tes awal nilai rata-rata peserta didik 64,91 dengan persentase ketuntasan 23,52%, mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 82 dengan persentase ketuntasan belajar 61,76%, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 91,82 dengan persentase ketuntasan 88,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III-A Madrasah Negeri Tunggangri Kalidaiwir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123072 HATMA WIDYA
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:37
Last Modified: 27 Sep 2016 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item