KETERJAMINAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA KLAIM OPERASI MELAHIRKAN DENGAN SISTEM INDONESIAN CASE BASE GROUPS PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung)

WIWIN ACHMAWANTI, 12850221007 (2023) KETERJAMINAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA KLAIM OPERASI MELAHIRKAN DENGAN SISTEM INDONESIAN CASE BASE GROUPS PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Keterjaminan Pasien BPJS Kesehatan pada Klaim Operasi Melahirkan dengan Sistem Indonesian Case Base Groups Persfektif Maqashid Syariah” ini ditulis oleh Wiwin Achmawanti dengan Pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. dan Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Keterjaminan, BPJS Kesehatan, Maqashid Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi sistem pembayaran klaim menggunakan INA-CBGs ini sering terjadi permasalahan di rumah sakit tipe C dimana sistem tarif INA CBG’s ini dirasa berat untuk rumah sakit dikarenakan perbandingan antara tarif INA CBG’s dengan biaya riil sangat jauh berbeda, salah satunya pada biaya persalinan operasi caesar untuk peserta BPJS Kesehatan. Klaim INA-CBGs untuk operasi caesar diberikan berdasarkan tipe rumah sakit dan tidak diperbolehkannya cost sharing/iur biaya oleh pasien jika pasien menggunakan layanan BPJS Kesehatan sesuai kelas dan pemberian obat harus sesuai formularium nasional yang menjadi ketentuan BPJS Kesehatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterjaminan pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups Persfektif Maqashid Syariah? (2) Bagaimana praktek pembayaran pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung? (3)Bagaimana dampak yang diakibatkan dari pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung ditinjau dari Persfektif Maqashid Syariah? Untuk menganalisis keterjaminan pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups Persfektif Maqashid Syariah. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Keterjaminan pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups sesuai dengan maqashid syariah perlindungan terhadap kehidupan/jiwa (ḥifẓ al-nafs) di mana perlindungan tersebut diwujudkan dengan pengambilan keputusan pada saat yang tepat untuk menambah obat-obatan atau menggantinya dengan obat yang lebih dibutuhkan oleh pasien meskipun dengan konsekunsi dengan nilai klaim INS CBGs yang lebih sedikit dari biaya operasional yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung. (2) Praktek pembayaran pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups di Rumah Sakit Bhayangkara lebih rendah dari tarif fee for service mengakibatkan rumah sakit harus melakukan tindakan efisiensi dengan memangkas tindakan yang tidak cost efektif. (3) Dampak yang diakibatkan dari pasien BPJS Kesehatan pada klaim operasi melahirkan dengan sistem Indonesian Case Base Groups di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung dapat di tanggulangi dengan baik sehingga kemaslahatan agama dan dunia dapat terwujud sesuai dengan Maqashid Syariah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12850221012 DINDA NOVI NURIS SETYOWATI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:46
Last Modified: 16 Aug 2023 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38931

Actions (login required)

View Item View Item