PERNIKAHAN SEKAFA’AH SYARIFAH DENGAN AHWAL DITINJAU DARI MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang)

SITI FATIMATUZZAHRO, 12102193020 (2023) PERNIKAHAN SEKAFA’AH SYARIFAH DENGAN AHWAL DITINJAU DARI MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Siti Fatimatuzzahro, 12102193020, Pernikahan Sekafa'ah Syarifah dengan Ahwalditinjau dari Maslahah Mursalah (Studi Kasus di Kecamatan PeteronganKabupaten Jombang), Program Studi Hukum Keluarga Islam, JurusanSyariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali RahmatullahTulungagung, 2023, Pembimbing Dr. H. Asmawi, M. Ag.Kata Kunci: Pernikahan Syarifah, Ahwal, Maslahah Mursalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pernikahan Syarifah dengan Ahwal di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Pernikahan ini adalahpernikahan yang dipandang menyalahi aturan adat keluarga Habaib atau Ahlu Bait karena pernikahan tersebut dapat memutuskan nasab mulia yang langsung terhubung dengan Nabi Muhammad SAW. Faktor yang melatarbelakangi dilaksanakannya pernikahan ini bermacam-macam salah satunya yaitu karena faktor lingkungan yang dimana di lingkungan tersebut sangat minoritas adanya Habaib atau Sayyid. Dari faktor tersebut sehingga terjadilah pernikahan Syarifah dengan Ahwal. Fokus penelitian ini tentang pernikahan Syarifah dengan Ahwal dengan pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana faktor belakang terjadinya Pernikahan Sekafa'ah Syarifah dengan Ahwal di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang? 2) Bagaimana Analisis Maslahah Mursalah Pernikahan Sekafa'ah Syarifah denganAhwal di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang? Jenis metode penelitiannya menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pernikahan Syarifah dengan Ahwal yang dilaksanakan masyarakat di Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang 1) Bahwa pernikahan tersebut terjadi karena bagi Syarifah tersebut di dalam memilih pasangan hidup yang paling penting untuk dilihat adalah keimanannya dan ketaqwaannya, kemudian juga yang bisa membimbingnya,faktor pihak keluarga tidak fanatik dengan konsep kafa’ah yang kesetaraan nasab, faktor lingkungan, faktor tidak ingin terdapat paksaan dalam pernikahannya danfaktor ketraumaan dengan pernikahan yang sebelumnya. 2) Jika ditinjau dari Maslahah Mursalah pernikahan Syarifah dengan Ahwal sudah sesuai dengan teori tersebut, karena maslahah mursalah adalah sesuatu yang mengambil manfaat dan menghindari kemudhorotan sesuai dengan syari’at. Di dalam pernikahan tersebut terdapat kemaslahatan yang berkaitan dengan mengatasi kesulitan para syarifah dalam mencari Habaib di lingkungan sekitarnya untuk bisa dijadikan pasangan hidupnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Atiqoh Lutfia Sari
Date Deposited: 21 Aug 2023 12:39
Last Modified: 21 Aug 2023 12:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39065

Actions (login required)

View Item View Item