BISRI KUYUBI, 2817123029 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAY DENGAN MEDIA SKETSA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 02 PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Awal.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Play dengan Media Sketsa untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016”, ditulis oleh Bisri Kuyubi, NIM. 2817123029, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Role Play, Media Sketsa, Keterampilan Berbicara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah yang kurang kondusif dan hasil belajar yang masih rendah. Dengan metode role play dan media sketsa diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik, sehingga hasil belajar khususnya keterampilan berbicara dapat meningkat. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan Metode Role Play dengan Media Sketsa pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, (2) Mendeskripsikan metode Role Play dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, dan (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode Role Play dengan Media Sketsa pada pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 2 Plosokandang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan cacatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan: (1) Penerapan metode role play dan media sketsa sebagai berikut: (a) Guru membentuk kelompok, (b) Guru memberikan tugas, (c) Pembagian tugas kelompok, (d) Peserta ddik menyusun dan mempelajari skenario, (e) Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai, (f) Guru memanggil setiap kelompok, (g) Kelompok lain mengamati, (h) Setiap kelompok menyampaikan kesimpulan, (i) Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi secara umum, (2) Penerapan metode role play dan media sketsa dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dengan adanya kerjasama, dan (3) Penerapan metode role play dengan media sketsa dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SDN 2 Plosokandang. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai peserta didik 49,05 (pre test), 71,02 (Siklus I), dan 82,95 (Siklus II). Peningkatan juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dari hasil pre test, 33 peserta didik yang mengikuti tes, 4peserta didik yang tuntas belajar dan 29 peserta didik yang tidak tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan belajar 12,12%. Siklus I ada 21 peserta didik yang tuntas belajar dan 12 peserta didik yang tidak tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan belajar 66,67%. Siklus II semua peserta didik tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan 100%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123029 BISRI KUYUBI |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 02:47 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3907 |
Actions (login required)
View Item |