STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN QURBAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA MOROPELANG DAN BMT MANDIRI SEJAHTERA SUMBERWUDI LAMONGAN

HANIFAH RIZQIYANI, 12401193024 (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN QURBAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA MOROPELANG DAN BMT MANDIRI SEJAHTERA SUMBERWUDI LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN QURBAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BMT MANDIRI SEJAHTERA MOROPELANG DAN BMT MANDIRI SEJAHTERA SUMBERWUDI LAMONGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Simpanan Qurban merupakan kegiatan menabung dengan akad wadiah yad dhammanah dan bersifat terencana yang diperuntukkan untuk pembelian hewan qurban. Produk simpanan qurban ini juga merupakan produk yang cukup jarang dimiliki oleh lembaga keuangan syariah lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas strategi pemasaran untuk produk simpanan qurban pada BMT Mandiri Sejahtera Moropelang dan BMT Mandiri Sejahtera Sumberwudi Lamongan. Metode penelitian menggunakan analisis data kualititatif yang menjelaskan dengan secara deskriptif mengenai aktivitas strategi pemasaran Produk Simpanan qurban di BMT Mandiri Sejahtera cabang Moropelang dan Cabang Sumberwudi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kedua cabang BMT tersebut sama-sama melakukan aktivitas pemasaran produk simpanan qurban yang mencakup perencanaan, implementasi dan evaluasi. Untuk tahap perencanaan kedua BMT ini dengan memperkenalkan produk ini kepada masyarakat kemudian menawarkannya kepada calon anggota baik secara langsung maupun tidak langsung. Selanjutnya untuk implementasi menggunakan strategi bauran pemasaran atau Marketing Mix 7P terdiri atas Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence dalam menarik minat nasabah dalam melakukan penghimpunan dana yang bertujuan untuk beribadah qurban. Dan yang terakhir evalusi, untuk semua strategi sudah laksanakan cukup baik, namun lebih ditingkatkan kembali dalam hal sosialisasi, agar masyarakat lebih mengenal produk ini. Kata kunci— Strategi Pemasaran, Produk, Simpanan Qurban

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 21 Aug 2023 11:27
Last Modified: 21 Aug 2023 11:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39070

Actions (login required)

View Item View Item