GANTI RUGI PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT LIMBAH PETERNAKAN AYAM DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di UD Jaya Broiler Desa Lorejo Kecamatan Bakung)

ICHDA ARINA MANASIKANA, 12101193157 (2023) GANTI RUGI PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT LIMBAH PETERNAKAN AYAM DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di UD Jaya Broiler Desa Lorejo Kecamatan Bakung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Ichda Arina Manasika, 12101193157, Ganti Rugi Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Peternakan Ayam Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di UD Jaya Broiler Desa Lorejo Kecamatan Bakung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Abd. Khair Wattimena, M.H. Kata Kunci: Ganti Rugi, Pencemaran Lingkungan, Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang timbul akibat banyaknya usaha peternakan ayam yang didirikan di dekat permukiman Masyarakat. Hal ini menyebabkan beberapa kerugian dari limbah yang dihasilkan diantaranya ketidaknyamanan akibat bau dan lalat yang ditimbulkan dan kekhawatiran masyarakat sekitar usaha peternakan ayam akan terjangkitnya penyakit. Sehingga perlu adanya pertanggungjawaban atau ganti rugi dari pemilik usaha peternakan. Satu-satunya peternakan ayam di desa Lorejo kecamatan Bakung yang memiliki sistem ganti rugi adalah UD Jaya Broiler. Untuk itu perlu adanya penelitian guna mengetahui apakah sistem ganti rugi yang diterapkan sejalan dengan Hukum Ekonomi Syariah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana ganti rugi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan ayam yang dilakukan di UD Jaya Broiler Desa Lorejo, Kecamatan Bakung?, 2.) Bagaimana ganti rugi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan ayam di UD Jaya Broiler Desa Lorejo, Kecamatan Bakung ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah?. Adapun tujuannya adalah 1.) Untuk mengetahui bagaimana ganti rugi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan ayam yang dilakukan di UD Jaya Broiler Desa Lorejo, Kecamatan Bakung. 2.) Untuk mengetahui bagaimana ganti rugi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan ayam di UD Jaya Broiler Desa Lorejo, Kecamatan Bakung ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Ganti rugi yang diberikan pemilik peternakan ayam UD Jaya Broiler berupa 1 ekor ayam dengan bobot 1,5kg-2,5kg dengan nilai Rp.25.000 kemudian diberi obat lalat senilai Rp.4000/bungkus dan kertas perekat lalat senilai Rp.5000/bungkus dengan total nilai ganti rugi Rp.34.000. Sistem pemberian ganti rugi tersebut dilakukan setiap panen atau 35 hari sekali. 2.) Dalam penentuan ganti rugi yang dilakukan oleh pemilik usaha peternakan ayam dalam kasus ganti rugi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan ayam di UD Jaya Broiler desa Lorejo Kecamatan Bakung diaggap tidak adil dan sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193157 ICHDA ARINA MANASIKANA
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:01
Last Modified: 06 Sep 2023 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39085

Actions (login required)

View Item View Item