CROWDFUNDING-WAQF MELALUI PLATFORM WAKAF KITA UNTUK PROYEK INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN (Studi Kasus Penghimpunan Wakaf Uang Pada Lembaga Wakaf Kita Yayasan Ats Tsaqofah Kabupaten Jombang)

UBAID AHBIB MUHAMMAD, 12404193039 (2023) CROWDFUNDING-WAQF MELALUI PLATFORM WAKAF KITA UNTUK PROYEK INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN (Studi Kasus Penghimpunan Wakaf Uang Pada Lembaga Wakaf Kita Yayasan Ats Tsaqofah Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Crowdfunding-Waqf Melalui Platform Wakaf Kita Untuk Proyek Infrastruktur Pendidikan (Studi Kasus Penghimpunan Wakaf Uang Pada Lembaga Wakaf Kita Yayasan Ats Tsaqofah Kabupaten Jombang)” ini ditulis oleh Ubaid Ahbib Muhammad dengan NIM 12404193039, Pembimbing: Siswahyudianto, M.M. Perkembangan teknologi menjadi pendorong dalam menciptakan sebuah sistem, yang mana mampu memudahkan masyarakat dalam berwakaf. Salah satunya adalah Crowdfunding-Waqf. Crowdfunding-Waqf merupakan pengumpulan dana wakaf dari masyarakat secara turun dana melalui teknologi, yaitu dikumpulkan pada platform Crowdfunding. Wakaf Kita di Kabupaten Jombang adalah salah satu lembaga yang menerapkan Crowdfunding-Waqf. Crowdfunding-Waqf yang dilakukan oleh lembaga Wakaf Kita berorientasi pada pendanaan proyek infrastruktur pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Crowdfunding-Waqf melalui platform Wakaf Kita untuk proyek infrastruktur pendidikan, untuk mengetahui peran Crowdfunding-Waqf terhadap proyek infrastruktur pendidikan, dan untuk mengetahui pendapatan lembaga Wakaf Kita melalui strategi Crowdfunding-Waqf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian melalui triangulation. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Crowdfunding-Waqf melalui Platform Wakaf Kita untuk Proyek InfrastrukturPendidikan lebih mudah, jangkauan syiar yang lebih luas, dan efisien. Crowdfunding-Waqf sebagai upaya memaksimalkan kinerja Crowdfunding-Waqf melalui Platform Wakaf Kita maka lembaga melakukan evaluasi secara rutin secara pekanan (mingguan), bulana, dan tahunan. Peran Crowdfunding-Waqf terhadap Proyek Infrastruktur Pendidikan yaitu sebelum dilakukan Crowdfunding-Waqf Wakaf Kita, terdapat pelaku utama yaitu pencari dana atau fundraiser, donatur atau crowdfunder, dan penghubung di antara keduanya. Crowdfunding-Waqf terhadap Proyek Infrastruktur Pendidikan dengan langkah operasional mengunggah dan mengajukan usulan proyek, memilih proyek yang ingin mereka bantu pendanaannya yaitu proyek pendidikan, Wakif mentransfer/mengirim dana, dan Wakif dalam hal ini menerima jaminan berupa sertifkan atau tanda terima. Pendapatan lembaga Wakaf Kita melalui strategi Crowdfunding-Waqf berasal dari pengelolaan wakaf produktif, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut. Kata kunci: Crowdfunding-Waqf, Platform Wakaf Kita, Proyek Infrastruktur Pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193039 Ubaid Ahbib Muhammad
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:39
Last Modified: 22 Aug 2023 08:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39101

Actions (login required)

View Item View Item