STRATEGI ADAPTASI NELAYAN MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN HIDUP TERHADAP KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR SOLAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Nelayan Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)

IQFA RAMADHANI, 12402193279 (2023) STRATEGI ADAPTASI NELAYAN MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN HIDUP TERHADAP KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR SOLAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Nelayan Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Adaptasi Nelayan Mempertahankan Kelangsungan Hidup Terhadap Kenaikan Bahan Bakar Solar Ditinjau dari Perspektif Islam” ini ditulis oleh Iqfa Ramadhani, NIM. 12402193279, pembimbing Bapak Dr. Mochammad Chobir Sirad, M. Pd.I. Strategi adaptasi nelayan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Nelayan komunitas sagita merupakan komunitas nelayan Desa Tasikmadu yang mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya meskipun terjadi kenaikan bahan bakar solar. Hal ini menunjukkan bahwa nelayan komunitas sagita memiliki strategi adaptasi yang matang. Fokus penelitian ini dalam penulisan skripsi ini adalah yaitu (1) Bagaimana peran nelayan dalam mempertahankan kelangsungan hidup terhadap kenaikan bahan bakar solar di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana strategi adaptasi nelayan dalam mempertahankan kealngsungan hidup dengan adanya kenaikan bahan bakar solar dalam perspektif islam di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis peran nelayan dalam mempertahankan kelangsungan hidup di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk menganalisis strategi adaptasi nelayan dalam mempertahankan kelangsungan hidup dengan adanya kenaikan bahan bakar solar dalam perspektif Islam di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap nelayan komunitas sagita yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan beberapa tahapan yang pertama yaitu menelaah semua data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, kemudian menggolongkan data ke dalam kelompok masalah dan meringkasnya untuk diambil kesimpulan, dan yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nelayan memiliki beberapa strategi adaptasi dalam mempertahankan kelangsungan hidup terhadap kenaikan bahan bakar solar, yaitu Pertama, bekerja sampingan ditempat lain. Kedua, menekankan pengeluaran atau hemat. Ketiga, menabung, dengan menabung manfaat bagi nelayan yaitu untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan para nelayan yang tidak terduga di masa mendatang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Harga
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193279 IQFA RAMADHANI
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:22
Last Modified: 23 Aug 2023 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39117

Actions (login required)

View Item View Item