ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP PENERIMAAN RETRIBUSI PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG) SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)

MITA WULANDARI, 12403193158 (2023) ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP PENERIMAAN RETRIBUSI PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG) SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Penerimaan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)”, ditulis oleh Mita Wulandari, NIM 12403193158, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Fia Rahma, S.E., M.S.A. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan tersebut sudah diterapkan atau belum terhadap Penerimaan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). (b) Mengetahui Penerimaan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Hadi Suprastyono, S.IP. M.E selaku bagian bendahara penerimaan persetujuan bangunan gedung (PBG). Hasil penelitian ini adalah (a) Proses dari penerimaan retribusi persetujuan bangunan gedung (PBG) baik dari pemungutan, pencatatan, dan pelaporan telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Proses pemungutan retribusi dipungut dengan menggunakan SKRD atau dokumen-dokumen lain yang dipersamakan. Selanjutnya, pencatatan retribusi persetujuan bangunan gedung (PBG) sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang dapat diakui saat kas diterima pada Rekening Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Jombang. Selain itu, pelaporan retribusi persetujuan bangunan gedung (PBG) pada tahun 2009 – 2022 sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dengan bentuk laporan pertanggungjawaban yaitu berupa data berita acara pemeriksaan kas bersifat internal yang dibuat setiap akhir bulan dan laporan realisasi anggaran setiap periodenya. (b) Penerimaan retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) didapatkan tahun 2009 - 2022 sudah sangat efektif meskipun pada tahun 2009 dikategorikan kurang efektif dan tahun 2021 dikategorikan cukup efektif. Kontribusi penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) atau persetujuan bangunan gedung (PBG) tahun 2009 - 2022 memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jombang relatif kecil. Kata Kunci : Penerimaan, Persetujuan Bangunan Gedung, Retribusi, Standar Akuntansi Pemerintahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193158 MITA WULANDARI
Date Deposited: 30 Aug 2023 09:54
Last Modified: 30 Aug 2023 09:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item