CHUSNUL LAILI KUSNA, 2811123066 (2016) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) |
||
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an pada Siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Chusnul Laili Kusna, NIM. 2811123066, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di masyarakat kita, semakin sepinya keluarga muslim dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena munculnya sains dan teknologi serta arus budaya asing yang menggeser minat belajar membaca Al-Qur’an sehingga banyak yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Akhirnya kebiasaan membaca Al-Qur’an saat ini mulai luntur seiring dengan era globalisasi. Di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Jabalsari siswa kurang termotivasi dalam belajar terutama mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Bagi mereka, Al-Qur’an Hadits merupakan mata pelajaran yang membosankan dan dianggap beban oleh mereka. Karena sebagian siswa masih ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an dikarenakan mereka belum mengenal huruf hijaiyah maupun mereka yang belum fasih karena tajwid yang belum mereka kuasai secara benar, dan hal ini tentu menyulitkan mereka dalam mengartikan, menghafal, dan memahaminya. Sehingga ketika pelajaran Al-Qur’an Hadits ini berlangsung, mereka malas untuk mengikutinya, bahkan mereka menganggap bahwa membaca Al-Qur’an adalah kurang penting. Dalam hal ini peranan guru Al-Qur’an Hadits sangat diperlukan untuk mengontrol dan membimbing siswa untuk belajar, tentang keagamaan terutama kecintaan terhadap Al-Qur’an. Untuk menanamkan jiwa Al-Qur’an pada anak, guru harus mempunyai strategi yang tepat dalam menumbuhkembangkan kebiasaan dan kegemaran siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menanamkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar membaca Al-Qur’an, mengetahui strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an, dan mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menanamkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, dan trianggulasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari masih kurang maksimal karena ada beberapa siswa ketika pembelajaran berlangsung mereka jenuh dan tidak semangat, juga masih ada beberapa siswa yang masih belum bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadits. Ini terbukti dengan ketidak aktifan siswa di kelas dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai macam strategi dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa yaitu melalui pengarahan, pembiasaan, pengawasan, memberikan nilai, pujian, hukuman, mengadakan kompetisi, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan adanya bentuk-bentuk motivasi belajar tersebut, diharapakan siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Selain itu, dalam menanamkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di MTs Sultan Agung Jabalasari Tulungagung mengadakan kerjasama lembaga dengan orang tua, mengadakan kerjasama lembaga dengan madrasah diniyah dan mengadakan ekstrakurikuler tartil Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123066 CHUSNUL LAILI KUSNA |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 07:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3916 |
Actions (login required)
View Item |