ADI AGUS TAMIMI, 12211193074 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MASALAH FISIKA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA KELAS VIII MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (840kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Masalah Fisika Materi Tekanan Zat dan Penerapannya Kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Adi Agus Tamimi, NIM. 12211193074, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Model Polya, Tekanan Zat dan Penerapannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Miftahul Huda Ngunut masih tergolong rendah untuk materi IPA khususnya fisika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil observasi yaitu sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah fisika, masih banyak kesalahan siswa dalam memecahkan soal fisika dan hasil nilai ujian harian siswa yang masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dan persentasenya dalam menyelesaikan soal IPA pada materi tekanan zat dan Penerapannya kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 34 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan masing-masing 2 siswa pada kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan temuan dilakukan 3 teknik, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 82,99% yang berarti siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemcahan masalah model Polya. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan sedang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 64,58% dengan rincian untuk soal 1 dan 2 siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya, soal 3 siswa hanya mampu memenuhi indikator tahap memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana. (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan rendah berada pada kategori sangat rendah dengan rata-rata persentase 15,42% yang berarti siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Umum Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211193074 Adi Agus Tamimi |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39168 |
Actions (login required)
View Item |